Abdul Halim Iskandar Inginkan Bank Desa Terbentuk di Setiap Desa

Abdul Halim Iskandar saat menghadiri acara penyerahan hasil audit Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) bersama Lembaga Keuangan Desa (LKD) di Kabupaten Serang, Provinsi Banten, pada hari Selasa tanggal 11 Juni 2024 yang lalu. (foto : Angga/Humas Kemendes PDTT)

WartaDesaku.id — Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Republik Indonesia, Abdul Halim Iskandar, menginginkan terbentuknya bank desa di setiap desa.

Keinginan tersebut disampaikan oleh Abdul Halim Iskandar saat menyerahkan hasil audit Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) bersama Lembaga Keuangan Desa (LKD) di Kabupaten Serang, Provinsi Banten, pada hari Selasa tanggal 11 Juni 2024 yang lalu.

Sosok yang akrab disapa dengan panggilan Gus Halim itu mengatakan, bank desa di setiap desa menjadi suatu harapan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), setelah dirinya mengakhiri jabatan sebagai menteri.

“Harapan kami di Kemendes adalah lahirnya bank desa yang merupakan sebuah usaha perbankan yang dilahirkan atas kerja sama antar BUMDesa bersama LKD. Jadi, BUMDesa yang khusus menangani lembaga keuangan desa.” ucap Gus Halim.

Dalam pembentukannya, bisa saja nantinya BUMDesa bersama LKD yang telah diaudit, berkolaborasi bersama-sama guna membentuk bank desa, dengan pendampingan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Saya yakin, ini akan sangat luar biasa bagi kepentingan masyarakat desa.” tegasnya. (mar/rusli)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *