M. Aqila Gusti Faza, Siswa Kelas 11 SMA IT Harapan Mulia Palembang. (foto : Angga)
M. Aqila Gusti Faza, Siswa Kelas 11 SMA IT Harapan Mulia Palembang. (foto : Angga)

Aqila Gusti Faza Raih Medali Emas Pada Olimpiade Nasional Matematika Tahun 2023

M. Aqila Gusti Faza, siswa kelas 11 Sekolah Menengah Atas (SMA) Islam Terpadu (IT) Harapan Mulia Palembang, berhasil meraih Medali Emas mewakili Kota Palembang di tingkat SMA pada ajang Olimpiade Nasional Matematika, Ilmu Pengatahuan, dan Bahasa (OMNIPASA) Tahun 2023.

Anak pertama dari tiga bersaudara pasangan Guta Utama dan Tri Susanti itu, mewakili sekolahnya untuk bersaing dengan 300 peserta dari SMA seluruh Indonesia pada bulan Januari tahun 2023 secara online.

Kepala SMA IT Harapan Mulia Palembang, Trisno Yudiantoro, mengatakan, prestasi yang diraih oleh siswanya itu, merupakan hal yang sangat luar biasa dan membanggakan sekolah.

“Prestasi ini tentu dapat memotivasi siswa yang lainnya untuk bisa bersaing dalam ajang perlombaan, baik skala nasional maupun internasional. Hal ini sangat sejalan dengan cita-cita pihak sekolah.” jelasnya, pada hari Rabu tanggal 1 Februari 2023.

Dikatakannya, untuk mempersiapkan generasi yang mempunyai daya saing, SMA IT Harapan Mulia Palembang secara konsisten memberikan pembinaan dan pelatihan melalui kelas Olimpiade dalam bidang akademik.

Baca Juga :  Cuaca Ekstrim, PJ Bupati H Apriyadi Ingatkan Masyarakat Waspada dan Perbanyak Minum Air Putih 

Salah satunya yakni dengan kelas olimpiade dengan guru khusus, siswa bisa mempraktekan kemampuan numerasi untuk menguasai pelajaran dengan mudah. Selain unggul dalam akademik, kata Trisno Yudiantoro, M. Aqila Gusti Faza memiliki sifat yang supel dalam pergaulan di sekolah, baik dengan teman sekolah atau dengan guru yang ada.

“Sejak perpindahan sekolah dari SMA Taruna Nusantara Magelang November 2022 lalu, Faza sangat cepat menyesuaikan diri, terlebih dalam bidang pelajaran.” katanya.

Bahkan tidak hanya dalam satu mata pelajaran, M. Aqila Faza juga unggul dalam mata pelajaran lainnya. “Kita dari sekolah, sangat mengapresiasi, karena prestasi yang diraih untuk mendukung jenjang pendidikan berikutnya, baik untuk PTN atau kedinasan nantinya.” tutur Trisno Yudiantoro.

Sementara itu, M. Aqila Gusti Faza merasa sangat senang karena bisa memberikan hal terbaik bagi sekolah di tempatnya menimbah ilmu dan kebanggan bagi keluarganya. Dia bercerita, sangat menyenangi pelajaran matematika sejak duduk bangku Sekolah Dasar (SD), terlebih dirinya mendapat dukungan penuh dari orang tuanya, minat di bidang pengembangan data dan angka, juga berandil besar terhadap prestasi yang diraihnya.

Baca Juga :  Siap Kolaborasi Pengelolaan Sumur Minyak Masyarakat di Muba

“Orang tua sangat mendukung sekali setiap kali saya mendaftarkan diri mengikuti ajang perlombaan dan ini sangat memotivasi sekali.” katanya.

Bahkan, dia sangat menyenangi sekali aktivitas dan kegiatan yang berkaitan dengan angka dan pengembangan pola berpikir kritis, seperti bermain games dengan angka, bermain puzzle, dan juga kegiatan ekstrakurikuler matematika, juga menjadi kegiatan rutin yang dilakukan lainnya seperti olahraga.

“Sejak tahun 2022 hingga 2023, ada beberapa medali emas yang sudah diraih, 3 olimpiade matematika 1 medali emas Bahas Inggris dan satunya lagi medali emas bidang sejarah. Aku dari kecil memang suka matematika. Aku senang bermain dengan angka-angka, dan rumus rumus matematika.” katanya lagi.

Menjadi salah satu pelajar yang mewakili sekolahnya di ajang Olimpiade itu, dirinya sangat senang berseluncur di dunia maya untuk ikut dalam perlombaan berkaitan dengan akademik sekolah. “Sebelum perlombaan, ya belajar dengan sangat serius di rumah dan di sekolah. Alhamdulilah hasilnya sangat memuaskan.” tutupnya. (ohs)

Laporan :
Editor : Oyong Hairudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *