Himbauan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kepada masyarakat untuk melakukan Vaksin Booster
Idham Holik, Ketua Divisi Bidang Teknis KPU Republik Indonesia. (foto : bekisarmedia.id)
Idham Holik, Ketua Divisi Bidang Teknis KPU Republik Indonesia. (foto : bekisarmedia.id)

Batas Waktu Berakhir, Tiga Parpol Batal Daftar Pemilu 2024

WartaDesaku.id — Proses pendaftaran peserta Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 telah resmi ditutup pada hari Minggu tanggal 14 Agustus 2022 pukul 23.59 WIB. Setelah empat belas hari berlalu, sebanyak empat puluh Partai Politik (Parpol) telah melakukan pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia.

Namun, dari empat puluh Parpol yang sudah mendaftar, tidak seluruhnya dinyatakan lengkap berkas pendaftaran. Hanya ada dua puluh empat Parpol yang dinyatakan lengkap oleh KPU Republik Indonesia.

“Dari empat puluh Parpol yang daftar, ada dua puluh empat Parpol yang dokumennya dinyatakan lengkap.” ujar Idham Holik, Ketua Divisi Bidang Teknis KPU Republik Indonesia, pada hari Senin tanggal 15 Agustus 2022.

Adapun Parpol yang berkasnya dinyatakan lengkap untuk mengikuti proses berikutnya sebagai calon peserta Pemilu 2024 yakni PDI Perjuangan, PKP, PKS, Perindo, Partai NasDem, PBB, Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Garuda, Partai Demokrat, Partai Gelora, Partai Hanura, Partai Gerindra, PKB, Partai Golkar, PAN, PPP, PSI, Partai Buruh, Partai Ummat, Partai Republik, Partai Rakyat Adil Makmur, Partai Republiku Indonesia, Parsindo, dan Partai Republik Satu.

Baca Juga :  Pengurus KORMI Muba Resmi Dilantik

Selain itu, enam belas Parpol yang berkasnya belum dinyatakan lengkap dan saat ini sedang diperiksa oleh KPU Republik Indonesia yaitu Partai Reformasi, Partai Negeri Daulat Indonesia, Partai Demokrasi Rakyat Indonesia, Partai Kedaulatan Rakyat, Partai Berkarya, Partai Indonesia Bangkit Bersatu, Partai Pelita, Partai Kongres, Partai Karya Republik, Partai Bhineka Indonesia, Partai Pandu Bangsa, Partai Perkasa, Partai Masyumi, Partai Damai Kasih Bangsa, Partai Pemersatu Bangsa, serta Partai Kedaulatan.

Sedangkan Parpol yang tidak mendaftar ke KPU Republik Indonesia yaitu Partai Damai Sejahtera Pembaharuan, Partai Mahasiswa Indonesia, dan Partai Rakyat. “Hingga batas waktu petnutupan pendaftaran, tidak melakukan pendaftara.” ungkap August Melasz, Komisioner KPU Republik Indonesia. (ohs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.