Himbauan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kepada masyarakat untuk melakukan Vaksin Booster
Suasana Sosialisasi Tentang Pengawasan Partisipatif bersama Penyandang Disabilitas untuk Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang, pada hari Selasa tanggal 20 September 2022. (foto : akbar)
Suasana Sosialisasi Tentang Pengawasan Partisipatif bersama Penyandang Disabilitas untuk Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang, pada hari Selasa tanggal 20 September 2022. (foto : akbar)

Bawaslu OKU Timur Ajak Penyandang Disabilitas Berpartisipasi Di Pemilu 2024

WartaDesaku.id — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur menggelar Sosialisasi Tentang Pengawasan Partisipatif bersama Penyandang Disabilitas untuk Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang, pada hari Selasa tanggal 20 September 2022.

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua, Seluruh Pimpinan, Koordinator Sekretariat (Korsek), Staf Bawaslu OKU Timur, dan Pihak Dinas Sosial OKU Timur, serta Sahabat Penyandang Disabilitas yang berada dibawah naungan National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Kabupaten OKU Timur.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu OKU Timur menghimbau agar Sahabat Penyandang Disabilitas dapat berperan aktif dalam kepemiluan pada tahun 2024 nanti, karena diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2018 tentang Penyandang Disabilitas, memberikan kesempatan aksebilitas dan akomodasi terhadap hak disabilitas melalui pelatihan, lokakarya, dan seminar.

“Memperoleh pekerjaan yang diselenggarakan oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah, atau Swasta, tanpa Diskriminasi dan pada pasal 41 ayat 2 Undang-Undang Nomor 39 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia. Setiap Penyandang Disabilitas, orang yang berusia lanjut, wanita hamil, dan anak-anak, berhak memperoleh perlakuan khusus.” jelas Agus Purnawan, Ketua Bawaslu OKU Timiur.

Dia juga mengatakan, pada pasal 5 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum Penyandang Disabilitas yang memenuhi syarat, memenuhi kesempatan yang sama sebagai pemilih, sebagai calon anggota DPR, sebagai calon anggota DPD, sebagai Calon Presiden atau Wakil Presiden, sebagai calon anggota DPRD, dan sebagai penyelenggara pemilu. “Karena itu, pada h ari ini Sahabat sekalian kami undang agar dapat memahami tentang kepemiluan.” ujarnya.

Baca Juga :  Berkas Pendaftaran Dinyatakan Lengkap, Pimda PKN Sumsel Siap Diverifikasi Administrasi dan Faktual Oleh KPU

Selanjutnya, dari Dinas Sosial yang diwakili oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Eva Susanti, menyampaikan betapa pemntingnya peran dari penyandang disabilitas dalam kepemiluan tersebut. “Saran kepada Bawaslu atau KPU OKU Timur, pada waktu hari pencoblosan nanti, untuk disiapkan jalur khusus bagi penyandang disabilitas.” tegasnya.

Koordinator Divis (Kordiv) PHL Bawaslu OKU Timur, Beny Tenagus, menyampaikan bahwa Bawaslu OKU Timur sangat membutuhkan peran aktif dari sahabat Disabilitas sebagai Pengawas Partisipatif, dimana diharapkan dapat menjadi ujung tombak dalam melakukan sosialisiasi di sekitar tempat tinggalnya.

“Setelah memahami bahwa peran masyarakat sangat penting dan kita utamakan pencegahan jangan sampai banyak pelanggaran dalam tahapan pemilu 2024 ini, dan kami tetap mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama mengawasi dan menyukseskan pemilu tahun 2024 nanti, termasuk sahabat-sahabat media, baik cetak maupun online, yang dapat menginformasikan tentang kepemiluan.” pungkasnya. (al)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.