Himbauan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kepada masyarakat untuk melakukan Vaksin Booster
Siswa SMP Negeri 1 Indralaya Kabupaten Ogan Ilir sedang menjalankan Program Literasi SIPECI. (foto : Irvan)
Siswa SMP Negeri 1 Indralaya Kabupaten Ogan Ilir sedang menjalankan Program Literasi SIPECI. (foto : Irvan)

Cetak Generasi Qurani, SMPN 1 Indralaya Gelar Program SIPECI

WartaDesaku.id —  Sesuai dengan namanya Program Literasi SIPECI atau Siswa Pecinta Kitab Suci di SMP Negeri 1 Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, bertujuan untuk menanamkan rasa cinta siswa kepada kitab sucinya semenjak dini.

Demikian kata Kepala UPT SMPN 1 Indralaya, Dra. Herlina, M.Si., kepada wartadesaku.id, di ruang kerjanya pada hari Senin tanggal 10 Oktober 2022 terkait program literasi Al Qur’an yang digagas sebagai pendukung kegiatan ekstrakulikuler Kerohanian Islam (Rohis) yang sudah berjalan di sekolahnya.

“Dengan program itu, diharapkan kelak mereka menjadi generasi Qur’ani yang tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual, namun juga memiliki karakter kepribadian yang baik, sesuai tuntunan agama.” tuturnya.

Diungkapkan oleh Herlina, program tersebut dilaksanakan setiap hari Rabu pagi, sebelum pelajaran pertama dimulai, dengan waktu satu jam dan diikuti oleh seluruh siswa dari semua kelas, kecuali yang berbeda keyakinan.

Dia juga menyampaikan harapannya agar program tersebut dapat terus berjalan, sehingga apa yang menjadi tujuan dari program itu, dapat menjadi kenyataan. “Siswa tidak hanya cerdas, namun juga memiliki hapalan dan kemampuan membaca Al Qur’an dengan baik dan benar.” tegasnya.

Baca Juga :  Tim Renang Universitas Bina Darma Raih 10 Medali Emas di Pomprov Sumsel 2022

Di kesempatan yang sama, terkait teknis pelaksanaan, Wakil Bidang Kurikulum yakni Devi Sri Hartini, S.Pd., menuturkan, para siswa dikumpulkan di lapangan dan dibagi per kelas. Sambil duduk membentuk pola lingkaran, dengan dipimpin oleh satu siswa kelas mereka sendiri, pembacaan Al Qur’an pun dilakukan.

“Dan untuk pemilihan pemimpin bacaan, dilakukan berdasarkan penilaian karena siswa memiliki pengetahuan dan kemampuan membaca Al Qur’an lebih baik dibandingkan  teman sekelasnya.” tutur Devi Sri Hartini.

Dalam pelaksanaan program tersebut, lanjutnya, materi kegiatan bukan hanya sisi pembacaan kitab suci saja, namun juga diisi dengan praktek ceramah agama oleh siswa, sebagai sarana pembelajaran.

“Dengan adanya program ini, mudah-mudahan siswa yang menjadi alumni SMPN 1 Indralaya, nantinya pandai dan memahami cara membaca Al Qur’an dengan benar, serta mempunyai hafalan.” ujarnya. (van)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *