Kepala Desa Bukit Jaya, Jauhari, menerima penghargaan pada ajang Apresiasi Keterbukaan Informasi Publik tahun 2022 yang digelar oleh Komisi Informasi, pada hari Kamis tanggal 8 Desember 2022 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta. (foto : MusiNews.id/Muhammad Eka Saputra)
Kepala Desa Bukit Jaya, Jauhari, menerima penghargaan pada ajang Apresiasi Keterbukaan Informasi Publik tahun 2022 yang digelar oleh Komisi Informasi, pada hari Kamis tanggal 8 Desember 2022 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta. (foto : MusiNews.id/Muhammad Eka Saputra)

Desa Bukit Jaya Sabet Penghargaan Apresiasi Desa Keterbukaan Informasi Publik

WartaDesaku.id — Desa Bukit Jaya yang berada di Kecamatan Sungai Lilin, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), menjadi wakil dari Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang meraih penghargaan dalam ajang Apresiasi Keterbukaan Informasi Publik Desa tahun 2022.

Kepala Desa Bukit Jaya, Jauhari, bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Selatan (Nelson Firdaus), Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Musi Banyuasin (Herryandi Sinulingga), dan Komisioner Komisi Informasi Publik Sumatera Selatan (Hibza Meiridha Badar), menerima langsung piagam penghargaan itu di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, pada hari Kamis tanggal 8 Desember 2022.

Keberhasilan Desa Bukit Jaya ini, setelah melalui rangkaian penilaian dan kunjungan dari Tim Penilai Komisi Informasi Pusat, Bapenas, yang didampingi oleh tim dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel, beberapa waktu lalu. Desa Bukit Jaya dinilai layak masuk 10 Desa Transparan secara nasional, karena aspek keterbukaan informasi publik di desa ini sudah berjalan dengan sangat baik, serta terbuka bagi publik.

Pemberian penghargaan Apresiasi Desa itu dibagi berdasarkan zonasi wilayah. Untuk wilayah Barat, Desa yang transparan adalah Desa Sendangsari Kabupaten Kulon Progo Provinsi DI Yogyakarta, wilayah Tengah Desa Dude Timur Kabupaten Karang Asem Provinsi Bali, dan Wilaya Timur Desa Maitara Tengah Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara.

Desa lainnya yang mendapat penghargaan yang sama yakni Desa Ploso Kabupaten Blitar Provinsi Jawa Timur, Desa Titian Kuala Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat, Desa Bunga Pasang Salido Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat, Desa Ganra Kabupaten Soppeng Provinsi Sulawesi Selatan, Desa Bokong Kabupaten Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur, dan Desa Tengin Baru Kabupaten Panajam Paser Utara Provinsi Kalimantan Timur.

Pj. Bupati Muba, Drs. H. Apriyadi, M.Si., diwakili oleh Kadinkominfo Muba, Herryandi Sinulingga, disela kegiatan tersebut mengatakan, ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi masyarakat Muba, khususnya warga Desa Bukit Jaya, karena Desa Bukit Jaya mewakili Sumsel di penganugerahan Apresiasi Desa keterbukaan informasi publik tahun 2022. Juga sebagai motivasi untuk menyelenggarakan pemerintahan desa yang baik, transparan, efektif dan efisien serta akuntable.

Baca Juga :  Usai Kondangan dan Cek Kondisi Jembatan di Desa Tanjung Agung, Apriyadi Perintahkan Dinas PUPR Segera Diatasi

“Penghargaan ini menjadi pemicu bagi Pemerintahan desa kita di Musi Banyuasin, agar bekerja lebih baik lagi ke depannya dalam mewujudkan pemerintahan yang terbuka bersih dan transparan.” ucapnya.

Dikatakannya, dalam keterbukaan informasi publik, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muba telah mengupayakan hak perolehan atas informasi bagi masyarakat, dengan berkolaborasi bersama dinas PMD dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya untuk terus bersinergi memberikan pembinaan ke seluruh desa-desa yang ada di Musi banyuasin untuk dapat terbuka, sesuai undang undang keterbukaan informasi publik.

“Selain itu kita gencarkan sosialisasi dan pembinaan Kepada aparatur pemerintah desa melalui PPID desa masing masing untuk melayani masyarakat yang membutuhkan informasi, sesuai dengan SOP dan ketentuan yang berlaku. dan dengan terpilihnya desa bukit jaya ini dapat dijadikan desa-desa lainnya sebagai rujukan dan studi, tiru untuk penerapan keterbukaan informasi publik bagi desa lainnya di Sumatera Selatan, khususnya Musi Banyuasin.” pungkas Herryandi Sinulingga.

Sementara itu, Ketua Komisi Informasi Pusat, Doni Yusdiantoro, dalam sambutannya berharap, penganugerahan Apresiasi Desa dalam rangka Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2022 itu, dapat memacu keterbukaan informasi publik, khususnya dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.

“Selamat kepada desa yang menjadi nominasi dalam ajang ini. Hari ini adalah akhir dari rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat.” katanya. (Muhammad Eka Saputra)

Oyong Hairudin for DPRD Kota Palembang 2024

Disclaimer : Semua publikasi yang diterbitkan di media ini, merupakan tanggung jawab penanggung jawab redaksi (Pemimpin Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *