Himbauan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kepada masyarakat untuk melakukan Vaksin Booster
Sandiaga Uno, hari Minggu tanggal 10 Oktober 2022 di Balaitung Soesilo Sudarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta. (foto : kemenpar.go.id)
Sandiaga Uno, hari Minggu tanggal 10 Oktober 2022 di Balaitung Soesilo Sudarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta. (foto : kemenpar.go.id)

Desa Wisata Tebat Lereh Meringan Pagar Alam Juara Nasional ADWI Tahun 2022

WartaDesaku.id — Desa Wisata Tebat Lereh Meringan yang berada di Penjalang, Kecamatan Dempo Selatan, Kota Pagar Alam Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), mendapatkan predikat sebagai lima desa terbaik pada kategori Kelembagaan Desa Wisata dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022 yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia.

Desa Wisata Tebat Lereh Meringan terpilih sebagai Juara Harapan 2 pada kategori tersebut. Sedangkan Juara Harapan 1 didapatkan oleh Desa Wisata GTP Ulakan yang beraa di Padang Pariaman. Kemudian, Juara 3 yakni Desa Wisata Pela Di Kutai Kertanegara, Juara 2 Desa Wisata Matano Iniaku di Sulawesi Selatan, dan Juara 1 Desa Wisata Dayun Siak, Riau.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Uno, menyampaikan ucapan selamat dan apresiasinya atas keberhasilan kepada desa-desa yang masuk ke dalam 50 desa wisata terbaik, dari 3.000 lebih desa wisata yang berpartisipasi di tahun ini.

“Saya ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada 3.419 desa wisata yang telah mengikuti ADWI tahun 2022 dari tiga puluh empat provinsi di Indonesia.” Katanya di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, pada hari Minggu tanggal 30 Oktober 2022 saat Malam Puncak Ajang ADWI, seperti dilansir dari Kompas.com.

Dia juga memberikan apresiasi khusus kepada pemerintah dan kepala daerah yang telah menggali potensi desa wisata. Selain itu, ada tujuh aspek penilaian untuk desa terbaik dengan empat kategori tambahan. Tujuh aspek itu yakni mencakup desa wisata terbaik kategori kelembagaan desa, daya Tarik pengunjung, CHSE, Suvenir, Digital dan Kreatif, Homestay, dan Toilet Umum.

Baca Juga :  Menteri Pariwisata Bakal Kunjungi Desa Tebat Lereh Kota Pagar Alam

Kemudian, tiga kategori tambahan adalah desa wisata rintisan, desa wisata berkembang, desa wisata maju. Terakhir adalah desa dengan kategori terfavorit, yang diputuskan berdasarkan jumlah vote terbanyak melalui netizen, yang dilihat berdasarkan perolehan likes di YouTube Kemenparekraf selama tanggal 24-28 Oktober 2022.

Adapun desa wisata yang terfavorit yakni Desa Wisata Buluh Duri yang berada di Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara. Sedangkan pada kategori Desa Wisata Berkembang terdiri dari Desa Wisata Pulau Sapi di Malinau, Desa Wisata Pandean di Trenggalek, Desa Wisata Widosari di Kulonprogo, Desa Wisata Umauta di Sikka, dan Juara 1 yaitu Desa Wisata Paringan di Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. (ohs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *