Himbauan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kepada masyarakat untuk melakukan Vaksin Booster
Air Terjun Napal Kuning menjadi salah satu objek wisata yang bisa dikunjungi wisatawan di Desa Tebat Lereh, Pagaralam. (Foto : almi/sumeks.co)
Air Terjun Napal Kuning menjadi salah satu objek wisata yang bisa dikunjungi wisatawan di Desa Tebat Lereh, Pagaralam. (Foto : almi/sumeks.co)

Desa Wisata Tebat Lereh Pagar Alam Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik ADWI 2022

WartaDesaku.id — Desa Wisata Tebat Lereh yang berada di Kelurahan Penjalang Kecamatan Dempo Selatan Kota Pagar Alam menjadi satu-satunya wakil dari Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia.

Desa Wisata Tebat Lereh merupakan desa wisata budaya, kerajinan, seni, dan wisata alam yang memiliki visi dari alam untuk kehidupan dan misi membangun desa untuk menunjang ekonomi desa yang sejahtera, berbudaya, dan juga dengan teknologi yang berkemajuan.

Di Desa Wisata Tebat Lereh terdapat objek wisata Air Terjun Dua Tunggung, wisata Persawahan, Wisata Seni dan Budaya Tari Kebagh, Wisata Petik Kopi, Wisata Air Terjun Cuhup Anginan, Arung Jeram, Wisata Kebun Sayuran, Rumah Adat Desa, dan Budaya Pantau Sedekah.

Baca Juga :  Cak Amir Pilih Lepaskan Jabatan Ketua PBNU dan Selesaikan Amanah di PWNU Sumsel

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Uno, mengungkapkan bahwa, ADWI tahun 2022 ini berhasil menjaring 3.419 peserta desa wisata dari 70.000 desa yang ada di Indonesia.

“Rangkaian kegiatan ADWI tahun 2022 sudah melalui beragam tahap kurasi berdasarkan penilaian dewan juri terhadap tujuh kategori penilaian klasifikasi desa dan kelengkapan data melalui website Jadesta. Mulai dari proses kurasi menjadi 500 desa wisata, kemudian 300 desa, lalu dikerucutkan lagi hingga 100 besar, dan terpilih 50 desa wisata terbaik, desa wisata Indonesia Bangkit.” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.