Pj. Bupati Kabupaten Musi Banyuasin, H. Apriyadi Mahmud, mendapatkan plakat dari Ketua Komisi I DPRD Sumsel, Antoni Yuzar, dalam Kunjungan Kerja terkait Pengelolaan Keuangan Desa, hari Kamis tanggal 4 Mei 2023 di Guest House Griya Bumi Serasan Sekate. (foto : wartadesaku.id/arba'a)
Pj. Bupati Kabupaten Musi Banyuasin, H. Apriyadi Mahmud, mendapatkan plakat dari Ketua Komisi I DPRD Sumsel, Antoni Yuzar, dalam Kunjungan Kerja terkait Pengelolaan Keuangan Desa, hari Kamis tanggal 4 Mei 2023 di Guest House Griya Bumi Serasan Sekate. (foto : wartadesaku.id/arba'a)

Pengelolaan Keuangan Desa di Muba, Jadi Percontohan

WartaDesaku.id — Beragam apresiasi diberikan terhadap kesuksesan Sistem Pengelolaan Keuangan Desa di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Ini tidak terlepas dari komitmen dan intervensi Pj. Bupati Kabupaten Muba, H. Apriyadi Mahmud, sejak dirinya menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Muba.

Hal ini juga ditegaskan rombongan Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang dipimpin oleh Ketua Komisi I, Antoni Yuzar, saat mendatangi Kabupaten Muba pada hari Kamis tanggal 4 Mei 2023 di Guest House Griya Bumi Serasan Sekate.

“Kami sudah dua kali ke Muba ini, terobosan Pemkab Muba terhadap pengelolaan Keuangan Desa, terutama Dana Desa dan ADDK, sudah sangat wajar dan sepantasnya menjadi percontohan, terutama terkait transparansinya.” ungkap Anggota Komisi I DPRD Sumsel, Dr. Budiarto Masrul.

Baca Juga :  Sinergi Antar Forkopimda dan OPD di Muba, Gelar Senam Bersama

Senada diungkapkan Anggota Komisi I lainnya yakni Saifuddin Aswari. Ia mengatakan, H. Apriyadi Mahmud dinilai paripurna, terutama dalam penganggaran Dana Desa hingga insentif Marbot dan Guru Mengaji di Desa. “Ini luar biasa, Bapak H. Apriyadi Mahmud mempunyai terobosan yang sangat menyisir pedesaan dan daerah pelosok.” ucapnya.

Ketua Komisi I DPRD Sumsel, Antoni Yuzar, berharap apa yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muba, terutama Pj. Bupati Muba, harus terus dipertahankan dan ditingkatkan. “Terutama terkait transparansi keuangan desa yang diinisiasi langsung Bapak H. Apriyadi Mahmud.” ungkap dia.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Muba, Richard Cahyadi, menyebutkan, inisiasi Cash Manajemen System (CMS) terhadap pengelolaan Keuangan Desa di Muba, sudah dimulai sejak satu tahun belakangan yang diinisiasi langsung oleh Pj. Bupati Muba.

Baca Juga :  Ikuti STQH ke 27 Provinsi Sumsel, Pj Bupati Apriyadi optimis Kafilah Muba Raih Prestasi Terbaik

“Alhamdulillah, berkat inisiasi Bapak Bupati H. Apriyadi Mahmud, Muba menjadi percontohan di Indonesia dan menjadi rujukan untuk studi tiru pengelolaan dan pelaporan keuangan desa.” ungkap Richard. Cahyadi.

Ia merinci, saat ini tercatat anggaran Dana Desa di Muba sebesar Rp221 Miliar dan ADDK sebesar Rp222 Miliar. “Semua pelaporan dan pengelolaannya sangat transparan.” tegasnya.

Pj Bupati Kabupaten Muba, H. Apriyadi Mahmud, menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan dan masukan dari Komisi I DPRD Sumsel. “Semoga pertemuan ini bermanfaat dan menjadi atensi kami untuk perbaikan-perbaikan ke depan.” ucap Mantan Kepala Desa (Kades) Pematang Palas itu.

Dirinya juga terus meminta support dan masukan terhadap kinerja Pemkab Muba. “Semoga selalu sinergi dan memperhatikan aspirasi Kabupaten Muba.” pungkasnya. (mai)

Oyong Hairudin for DPRD Kota Palembang 2024
Laporan :
Editor : Aprizal Sikumbang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *