Warga bersama Tim BPBD OKU saat membersihkan pohon tumbang yang menimpa rumah warga Desa Mitra Kencana kecamatan Peninjauan akinat terjangan Angin Puting Beliung. (Foto : WartaDesaku.id/Pusdalops BPBD OKU)
Warga bersama Tim BPBD OKU saat membersihkan pohon tumbang yang menimpa rumah warga Desa Mitra Kencana kecamatan Peninjauan akinat terjangan Angin Puting Beliung. (Foto : WartaDesaku.id/Pusdalops BPBD OKU)

Disapu Angin Puting Beliung, Puluhan Rumah Di Desa Mitra Kencana Rusak

WartaDesaku.id, OKU — Puluhan rumah yang berada di Dusun 3 Desa Mitra Kencana, Kecamatan Peninjauan, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), rusak berat akibat diterjang oleh angin puting beliung yang disertai hujan deras pada hari Selasa tanggal 29 November 2022 kemarin.

Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) OKU, Amzar Kristopa, melalui Kapusdalops, Gunalfi, menuturkan bahwa kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 18.20 WIB.

Saat itu, angin puting beliung yang disertai hujan dengan intensitas sangat deras dan bahkan terjadi hujan hes, mengakibatkan banyak pohon tumbang dan rumah warga mengalami kerusakan.

“Untuk hujan es, adanya pertumbuhan awan CB di sekitaran wilayah tersebut.” ungkap Gunalfi.

Dia menuturkan, berdasarkan catatan dari BPDB OKU, terdata sekitar 26 rumah warga dari 14 Kartu Keluarga yang terdampak mengalami kerusakan, dengan rincian 21 rumah rusak ringan dan 5 rumah rusak berat. Selain itu, terjangan angin puting beliung itu juga merusak satu unit Poskamling dan merusak jaringan kabel serta tiang listrik.

Baca Juga :  Pemungutan Suara Ulang, Juanda Ungguli Petahana Di Pilkades Kedondong

Beruntungnya, kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. “Kerugian ditaksir kurang lebih sekitar dua ratus lima puluh juta rupiah.” sebutnya.

Saat ini, tim BPBD OKU bersama pihak Polsek Penijauan, Koramil, dan lainnya, telah melakukan koordinasi dengan instansi terkait, serta menurunkan personil dan peralatan ke lokasi ke jadian. Hal ini bertujuan untuk membantu warga membersihkan bekas-bekas material runtuhan rumah dan pohon yang tumbang.

“Kondisi terkini, Sebagian masyarakat dan petugas masih melakukan perbaikan terhadap rumah warga yang mengalami kerusakan yang cukup parah serta melakukan penebangan terhadap pohon-pohon yang menimpa rumah warga. Untuk aliran dan jaringan listrik, pihak PLN saat ini sedang melakukan perbaikan.” tegas Gunalfi. (andi eka)

Oyong Hairudin for DPRD Kota Palembang 2024

Disclaimer : Semua publikasi yang diterbitkan di media ini, merupakan tanggung jawab penanggung jawab redaksi (Pemimpin Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *