Penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Kepala Disnakertrans Muba dengan Kepala PPSDM Migas Cepu, di PPSDM Migas Cepu pada tanggal 9 Januari 2023. (foto : WartaDesaku.id/Eka Sahputra)
Penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Kepala Disnakertrans Muba dengan Kepala PPSDM Migas Cepu, di PPSDM Migas Cepu pada tanggal 9 Januari 2023. (foto : WartaDesaku.id/Eka Sahputra)

Disnakertrans Muba Jalin MoA dengan PPSDM Migas Cepu

Warta Desaku — Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), terus gencar meningkatkan skill dan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM). Khususnya bagi kalangan generasi millenial Pencari Kerja (Pencaker) asal Muba, dalam rangka menyiampakan SDM Milenial yang berkualitas, menghadapi pasar industri kompetitif dengan memprioritaskan pelatihan berbasis kompetensi.

Salah satunya yang dilakukan pada hari Senin tanggal 9 Januari 2023 di PPSDM Migas Cepu, Kepala Disnakertrans Muba melakukan Penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dengan Kepala PPSDM Migas Cepu.

Kepala Disnakertrans Muba, Mursalin, mengatakan, ruang lingkup dari MoA itu yakni Sinergi Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan serta Sertifikasi dalam bidang industri Minyak dan Gas. Kemudian, Sinergi Pembangunan dan Pengembangan Pusat Vokasi terintegrasi, khususnya dalam bidang Industri Minyak dan Gas. Berikutnya, Sinergi Perencanaan Pengembangan SDM dan Penyerapan Tenaga Kerja dalam bidang industri Minyak dan Gas.

“Kesepakatan ini dibuat dalam rangka meningkatkan kualitas dan daya saing putra putri daerah kabupaten Muba dalam memasuki pasar industri di daerah, tingkat provinsi, nasional, bahkan internasional. Selain itu, meningkatkan SDM lokal juga memang menjadi program strategis dan akan menjadi agenda rutin dari Pemkab Muba.” ujarnya.

Baca Juga :  Proyek Dikerjakan Asal-Asalan, H. Apriyadi Marahi Kontraktor dan Kadis Perkim

Dia juga menyebutkan, ada tujuh jurusan yang masuk dalam pelatihan Sertifikasi Bidang Industri Minyak dan Gas Bantuan Masyarakat Tahun 2023, yakni Operator Pesawat Angkat, Angkut, dan Juru Ikat Beban Unit Rigger. Selanjutnya, Operator Pesawat Angkat Angkut dan Juru Ikat Beban Unit Forklift, Scaffolding Level Operator, Teknisi Instrumentasi Level 1, Juru Las, Operator Lantai Perawatan Sumur, dan Keselamatan serta Kesehatan Kerja Minyak dan Gas.

Sementara itu, Pj. Bupati Kabupaten Muba, Drs. H. Apriyadi, M.Si., di kesempatan lain, menyambut baik kabar tersebut.

“Peningkatan SDM lokal, memang menjadi program strategis dan akan menjadi agenda rutin dari Pemkab Muba. Ini tentunya dalam rangka meningkatkan kualitas dan daya saing putra sertai putri Muba dalam memasuki pasar industri di Muba. Untuk itu, ayo terus bergerak, bersinergi, dan berkolaborasi bersama untuk kemajuan dan peningkatan SDM Muba.” ajaknya. (Eka Sahputra)

Oyong Hairudin for DPRD Kota Palembang 2024

Disclaimer : Semua publikasi yang diterbitkan di media ini, merupakan tanggung jawab penanggung jawab redaksi (Pemimpin Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *