Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muba melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Tenaga Pengelola Perpustakaan, pada hari Selasa tanggal 29 November 2022 di Ruang Rapat Serasan Sekate. (foto:put)
Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muba melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Tenaga Pengelola Perpustakaan, pada hari Selasa tanggal 29 November 2022 di Ruang Rapat Serasan Sekate. (foto:put)

DPK Muba Gelar Bimtek Pengelola Perpustakaan

WartaDesaku.id  — Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muba melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Tenaga Pengelola Perpustakaan, pada hari Selasa tanggal 29 November 2022. Kegiatan Bimtek yang dilaksanakan di Ruang Rapat Serasan Sekate ini diikuti oleh Pengelola Perpustakaan Sekolah dan Pengelolaa Perpustakaan Desa.

Pj.  Bupati Muba, Drs. Apriyadi, M.Si., diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Setda Muba, H .Yudi Herzandi S.H, M.Hum, membuka langsung kegiatan Bimtek tenaga pengelola perpustakaan tersebut. Dikatakannya, kegiatan Bimtek yang dilaksanakan sekarang adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas SDM, khususnya pengelola perpustakaan dalam Kabupaten Muba. “Era informasi yang kita hadapi saat ini menuntut masyarakat senantiasa tanggap terhadap perkembangan dan perubahan informasi. Agar informasi dapat bermanfaat untuk meningkatkan SDM tentu perlu dikelola dengan baik. Perpustakaan sebagai pengelola informasi perlu meningkatkan kemampuan SDM pengelola perpustakaannya baik melalui jalur formal ataupun non formal, mutlak diperlukan.” ujarnya.

Asisten I Setda Muba juga mengungkapkan bahwa, melalui pengelolaan yang profesional ditunjang dengan koleksi buku-buku berkualitas, serta dilengkapi sarana rekreasi edukatif diharapkan perpustakaan sekolah dapat menunjang proses belajar mengajar disekolah menjadi lebih bervariasi, menyenangkan dan tidak monoton. Pada akhirnya akan dapat mendukung peningkatan kualitas hasil akhir proses pembelajaran di sekolah. “Menumbuh kembangkan minat baca dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, seperti Nimtek tenaga pengelola perpustakaan dan sejenisnya. Pada hari ini kita mengadakan kegiatan bimtek tenaga pengelola perpustakaan untuk meningkatkan kualitas pengelola perpustakaan agar mampu meningkatkan minat baca. Kegiatan ini juga sekaligus membuktikan bahwa Pemkab Muba melalui DPK sangatlah peduli dengan tumbuh kembang perpustakaan dan kualitas pengelolanya. Kepada peserta Bimtek hari ini agar mengikuti kegiatan secara maksimal dan mendapatkan manfaat dari kegiatan dimaksud dan dapat diterapkan ditempat kerja saudara semua.” pungkas Yudi.

Baca Juga :  Pj. Bupati Kabupaten Muba Tambah Honor Operator Desa

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan Kearsipan Daerah Kabupaten Muba. Sunaryo, S.S.T.P, M.M, melaporkan bahwa, peserta Bimtek pengelola perpustakaan berjumlah 60 orang yang berasal dari perwakilan seluruh perpustakaan dalam wilayah Kabupaten Muba. Dengan tujuan agar para peserta memahami bahwa sebagai pengelola perpustakaan tidak hanya sekedar mengurus perpustakaan, namun bagaimana bisa menarik minat baca pengunjung perpustakaan. “Kegiatan Bimtek ini akan berlangsung pada 29-30 November 2022, dengan mengundang narasumber dari pusat yaitu, Widyaiswara Ahli Muda Pusdiklat Mamat Ramlan, S.I.P, Widyaiswara Ahli Muda Pusdiklat Perpustakaan Nasional RI. Ahmad Muslim, S.Pd, M.P, Kepala Bidang Pengembangan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Emi Marviana S.E M.Si, Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan Fitriana S.Sos, M.Si.” paparnya. (put)

Oyong Hairudin for DPRD Kota Palembang 2024

Disclaimer : Semua publikasi yang diterbitkan di media ini, merupakan tanggung jawab penanggung jawab redaksi (Pemimpin Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *