Gubernur Sumatera Selatan (Herman Deru) bersama Bupati Musi Banyuasin (Apriyadi) saat menghadiri peresmian masuknya aliran listrik di Kecamatan Batanghari Leko, pada hari Kamis tanggal 26 Januari 2023. (foto : WartaDesaku.id/Eka Sahputra)
Gubernur Sumatera Selatan (Herman Deru) bersama Bupati Musi Banyuasin (Apriyadi) saat menghadiri peresmian masuknya aliran listrik di Kecamatan Batanghari Leko, pada hari Kamis tanggal 26 Januari 2023. (foto : WartaDesaku.id/Eka Sahputra)

Duet Herman Deru dan Apriyadi Terangi Muba Hingga Pelosok

Warta Desaku — Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dibawah kepemimpinan H. Apriyadi Mahmud sebagai Pj. Bupati, terus bergerak melakukan perbaikan demi perbaikan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Terbaru, masyarakat yang berada di Desa Ulak Kembang dan Sungai Angit di Kecamatan Batanghari Leko, akhirnya mendapatkan aliran listrik.

Kepada wartawan, H. Apriyadi Mahmud mengatakan bahwa masuknya aliran listrik di desa yang berada di ujung kecamatan dan terisolir itu, juga merupakan dukungan dari Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, Herman Deru.

“Alhamdulillah sudah bisa menikmati aliran listrik dari PLN, yang tentunya berkat dorongan dan dukungan dari Gubernur Sumsel, Bapak Herman Deru.” kata Apriyadi, hari Jum’at tanggal 26 Januari 2023.

Mantan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sumsel itu menyebutkan, investasi di dua desa tersebut, tentu tidak berbicara keuntungan, tetapi komitmen untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat. “Kita lihat sendiri dimana tantangan geografis dan sosial, sangat tidak memungkinkan. Tetapi Alhamdulillah, kini listrik bisa dialiri di desa Ulak Kembang dan Sungai Angit.” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, H. Apriyadi Mahmud menyampaikan bahwasannya ada 1 desa baru di Muba yakni Desa Epil Barat, yang membutuhkan pemenuhan aliran listrik dari PLN. “Kami berharap di tahun 2023 ini, Desa Epil Barat Lais, juga mendapatkan aliran listrik dari PLN.” tegas Kandidat Doktor dari Universitas Sriwijaya itu.

Baca Juga :  DPRD Sumsel Mulai Bahas 11 Raperda Usulan Tahun 2023

Senada dengan H. Apriyadi Mahmud, Senior Manager Perencanaan PLN UID S2JB, Jaka Sumantri, mengungkapkan bahwa dipasangnya listrik pada dua desa tersebut, merupakan komitmen dan sinergi dari Bupati Muba dengan Gubernur Sumsel.

“Ada Miliaran rupiah dana investasi yang dikucurkan, ini komitmen yang tidak berbicara keuntungan, tetapi kebutuhan masyarakat yang juga didorong oleh Bapak Apriyadi Mahmud dan Gubernur Sumsel.” tuturnya.

Dia menambahakn, selain di Muba, peresmian listrik desa juga ada di Kabupaten Banyuasin dan Ogan Komering Ulu (OKU) Timur. “Di Sumsel, sudah 98 persen daerah dialiri listrik PLN. Untuk tahun 2023 ini, akan ada sebanyak 12 desa baru yang mendapatkan aliran listrik dari PLN. Sehingga tahun 2023, target kita 99 persen daerah di Sumsel sudah dialiri listrik PLN.” urai Jaka Sumantri.

Sementara itu, Gubernur Sumsel mengatakan, persoalan pemenuhan aliran listrik tidak hanya berbicara penerangan, tetapi juga bagian dari upaya menekan angka stunting dan memaksimalkan program Keluarga Berencana (KB).

Baca Juga :  Pj Gubernur Sumsel Beri Mandat Khusus ke Pj Bupati Muba

“Terima kasih PLN, Sumsel ini lumbung energi, jadi pemenuhan listrik harus bisa mengcover seluruh wilayah hingga pelosok, sehingga upaya menekan angka stunting dan memaksimalkan program Keluarga Berencana dapat benar-benar berjalan baik agar Sumsel Maju untuk Semua.” tegasnya.

Mantan Bupati OKU Timur dua periode ini menceritakan, dirinya mempunyai komitmen serius dalam upaya mengaliri listrik di seluruh wilayah Sumsel.

“Saya meminta agar PLN jangan hanya memikirkan daerah perkotaan saja, tetapi daerah terisolir juga harus dipikirkan. Alhamdulillah, bisa berjalan. Ini juga berkat dukungan warga Muba dan tentunya pak Bupati, Apriyadi,” ucapnya.

Kepala Daerah Terinovatif di Indonesia ini menambahkan, ada puluhan Miliar dana investasi yang telah dikucurkan untuk dua Desa di Muba ini demi memenuhi kebutuhan masyarakat. “Percayalah, PLN tidak hanya memikirkan keuntungan, tetapi memenuhi kebutuhan masyarakat juga menjadi hal utama yang dilakukan PLN,” bebernya. (Eka Sahputra)

Laporan :
Editor :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *