Himbauan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kepada masyarakat untuk melakukan Vaksin Booster
Yudi Risandi, Komisioner Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ogan Komering Ulu. (foto : Andi Eka)
Yudi Risandi, Komisioner Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ogan Komering Ulu. (foto : Andi Eka)

Empat Parpol di OKU Selesai Jalani Verifikasi Faktual

WartaDesaku.id — Proses Verifikasi Faktual (Verfak) Partai Politik (Parpol) yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), masih terus berjalan. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Komisioner KPU OKU, Yudi Risandi, saat dibincangi wartawan pada hari Kamis tanggal 3 Oktober 2022.

Dia menyampaikan, hingga saat ini pihaknya sudah menuntaskan empat dari delapan Parpol yang dilakukan Verfak. Empat parpol itu yakni Partai Garuda, Partai Hanura, PSI, dan PBB. Sedangkan empat Parpol lainnya yakni Partai Umat, Partai Kebangkitan Nusantara, Perindo, dan Partai Buruh, masih dalam proses Verfak.

“Kita optimid Verfak dapat tuntas tepat waktu.” ujar Yudi Risandi.

Dia mengungkapkan, sampai saat ini, tidak ada kendala yang berarti. Proses verifikasi berjalan dengan lancar. Pihak Parpol juga mampu bekerja sama dengan baik. “Jika memang tidak bisa bertatap muka secara langsung, maka pihak KPU akan melakukan video call terhadap pengurus parpol yang berhalangan untuk bertemu secara langsung, jadi sejauh ini lancar.” ungkapnya.

Baca Juga :  Gus Halim Siap Sukseskan Gerakan Desa Anti Politik Uang

Delapan parpol yang dilakukan Verfak ini, dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) administrasi tetapan KPU Republik Indonesia. Sedangkan untuk materi Verfak, antara lain soal keabsahan keanggotaan parpol, kepengurusan, dan sekretariat parpol.

“Untuk dinyatakan MS, Parpol wajib memenuhi keberadaan sekretariat minimal lima puluh persen dari jumlah kecamatan di OKU, kepengurusan wajib memiliki kader tiga persen perempuan, dan jumlah anggota minimal satu per seribu jumlah penduduk OKU.” tandasnya. (and)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *