Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, didampingi Pj. Bupati Muba, berdialog dengan warga Kecamatan Lalan, pada hari Selasa tanggal 31 Januari 2023. (foto : WartaDesaku.id/Put)
Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, didampingi Pj. Bupati Muba, berdialog dengan warga Kecamatan Lalan, pada hari Selasa tanggal 31 Januari 2023. (foto : WartaDesaku.id/Put)

Gubernur Sumsel Akui Lalan Mengalami Kemajuan Pesat

WartaDesaku.id – Ribuan warga Nahdlatul Ulama (NU) dan masyarakat Kecamatan Lalan, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), menyambut kedatangan Gubernur Sumsel, Herman Deru, bersama Pj. Bupati Muba, Apriyadi Mahmud, hari Selasa tanggal 31 Januari 2023 dalam rangkaian Pengajian Akbar Menyambut Hari Lahir Nahdlatul Ulama ke-97  dengan tema Menyongsong 1 Abad Nahdlatul Ulama dan Memperingati Hari Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1444 H sekaligus Peresmian Gedung Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Lalan, di Gedung Serbaguna Desa Sri Gading (P7) Kecamatan Lalan, Kabupaten Muba.

Diketahui, kunjungan Gubernur Sumsel ini adalah yang kedua kali ke Muba dan sangat disambut antusias oleh warga bumi Serasan Sekate. Pantauan di lokasi, terlihat Gubernur Sumsel bersama Bupati Muba menaiki traktor untuk menyapa warga, bahkan rela diguyur hujan lebat saat di lokasi. “Saya melihat Lalan jauh lebih maju saat ini. Kita patut bersyukur, dan tentu masih perlu berbenah untuk di beberapa sektor.” ucap Gubernur Sumsel, Herman Deru.

Ia menceritakan, Lalan merupakan daerah transmigrasi terakhir yang sangat diperhatikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muba. Terbukti, Pemkab Muba memfasilitasi listrik dan infrastruktur jalan. “Memang kondisinya saat ini butuh pembenahan, dan saat ini saya bersama pak Bupati Apriyadi sedang berjuang dan sedang dalam proses untuk mengalihkan listrik untuk warga Lalan dari PT MEP ke PLN. Ini butuh proses, tapi percayalah akan kita perjuangkan.” ungkap Herman Deru yang juga Mustasyar PBNU Pusat.

Baca Juga :  Fokus Kembangkan Pedesaan, Direktur Kerja Sama Kemendes Sambangi Muba

Dia menambahkan, ada tujuh Kecamatan di Muba yang nantinya pengelolaan listriknya akan dialihkan ke PLN. “Bertahap dilakukan, percayalah saya dan pak Bupati Apriyadi ini akan terus berbuat untuk masyarakat Lalan.” tegasnya.

Terkait persoalan jalan, lanjut Pelopor Program Satu Desa Satu Rumah Tahfidz itu, ia meminta agar Bupati Muba segera mengusulkan anggaran ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel untuk pengajuan perbaikan jalan. “Nanti anggarannya akan disiapkan Pemprov Sumsel dan pembangunannya akan dilakukan Pemkab Muba.” ucapnya.

Ketua MWCNU Lalan, K.H. Muhafiq Assidiq, mengaku sangat bangga karena Kecamatan Lalan dan khususnya warga NU, didatangi langsung oleh Gubernur Sumsel dan Bupati Muba.”Pak Gubernur Herman Deru dan pak Bupati Apriyadi ini sosok pemimpin yang karismatik dan punya komitmen besar berbuat untuk masyarakat.” ulasnya.

Baca Juga :  Ini Tujuh Inovasi H. Apriyadi Mahmud Entaskan Kemiskinan

Ia menambahkan, warga Lalan sangat berterima kasih kepada Gubernur Sumsel dan Bupati Muba  yang akan menuntaskan persoalan listrik dan jalan di Kecamatan Lalan.  “Kami sangat senang tadi pak Gubernur dan Pak Bupati akan segera menuntaskan persoalan listrik dan jalan di Kecamatan Lalan, serta meresmikan secara langsung Gedung MWCNU Kecamatan Lalan.” ucapnya.

Sementara itu, Pj Bupati Muba mengucapkan terima kasih atas kedatangan Gubernur, yang dalam satu pekan ini sudah dua kali lawatan ke Bumi Serasan Sekate. “Pak Gubernur beberapa waktu lalu mendatangi Kecamatan Batanghari Leko dengan meresmikan aliran listrik. Nah, hari ini beliau ke Lalan juga akan memberikan oleh-oleh untuk perbaikan infrastruktur di Kecamatan Lalan. Kita ucapkan terima kasih.” ungkap Apriyadi, Pj. Bupati Muba.

Mantan Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Sumsel meminta agar senantiasa warga Kecamatan Lalan kompak untuk andil menjaga Muba zero konflik. “Kita bersama-sama bergandengan tangan menjaga Muba tetap sinergi untuk mewujudkan Sumsel maju untuk semua.” tandasnya. (Muhammad Eka Sahputra)

Laporan :
Editor : Oyong Hairudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *