Gubernur Sumsel, Herman Deru, saat membuka Lomba Layang Aduan yang digelar oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Persatuan Layangan Aduan Seluruh Indonesia (PERLASI) Sumsel di Lapangan Areal Bowling Centre, Jakabaring Sport City, Palembang, hari Sabtu tanggal 18 Maret 2023. (foto : wartadesaku.id/raam)
Gubernur Sumsel, Herman Deru, saat membuka Lomba Layang Aduan yang digelar oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Persatuan Layangan Aduan Seluruh Indonesia (PERLASI) Sumsel di Lapangan Areal Bowling Centre, Jakabaring Sport City, Palembang, hari Sabtu tanggal 18 Maret 2023. (foto : wartadesaku.id/raam)

Gubernur Sumsel Dorong Olahraga Layangan Aduan Masuk ke Sekolah

WartaDesaku.id — Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru, semakin gencar memasyarakatkan olahraga rekreasi. Salah satunya yakni olahraga Layang-Layang aduan. Menurut dia, meski tergolong olahraga yang sederhana, namun olahraga Layang-Layang Aduan ini memiliki manfaat besar.

“Olahraga Layang-Layang aduan ini memang ringan dilakukan, namun memiliki manfaat besar bagi kita. Karena itulah kita harus ajak masyarakat agar gemar untuk melakukan olahraga ini.” kata Herman Deru saat membuka Lomba Layang Aduan yang digelar oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Persatuan Layangan Aduan Seluruh Indonesia (PERLASI) Sumsel di Lapangan Areal Bowling Centre, Jakabaring Sport City, Palembang, hari Sabtu tanggal 18 Maret 2023.

Baca Juga :  Gubernur Sumsel Himbau Satlantas dan Dishub Tingkatkan Pengawasan

Terlebih, olahraga Layang-Layang Aduan ini dapat dilakukan oleh semua kalangan masyarakat, termasuk anak-anak. Oleh karena itu, untuk menarik minat berolahraga sejak dini, Herman Deru menekankan agar ke depannya PERLASI dapat melibatkan anak-anak di setiap lomba Layang-Layang Aduan yang digelar.

Bahkan, Pelopor Program Sejuta Bola itu pun menyarankan agar PERLASI dapat masuk ke sekolah-sekolah untuk menggelar kegiatan semacam itu.

Diketahui, olahraga Layang-Layang Aduan sendiri memiliki berbagai manfaat, termasuk perkembangan tumbuh kembang anak, seperti melatih motorik kasar, mensinkronisasikan antara mata dan tangan, belajar berbagi, mempererat silahturahmi, melatih sportivitas, kreativitas, dan kepercayaan diri.

Baca Juga :  Serahkan SK Perpanjangan Pj. Bupati Muba, Gubernur Sumsel Akui Keberhasilan Kepemimpinan H. Apriyadi Mahmud

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PERLASI, Adi Kusuma, mengatakan, pihaknya sendiri terus mengupayakan agar kegiatan Layang Layang Aduan ini terus masif dilakukan. Dengan langkah itu, dia optimis jika olahraga Layang Aduan ini dapat semakin mendunia.

Tidak hanya itu, dia menjelaskan, jika kegiatan itu merupakan salah satu upaya agar olahraga Layangan dapat menjadi Cabang Olahraga (cabor) resmi yang dapat dipertandingkan pada even olahraga. Hal itu mengingat lantaran saat ini, Layangan Aduan ini hanya sebatas olahraga rekreasi masyarakat yang berada dibawah naungan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia. (ohs)

Laporan :
Editor : Aprizal Sikumbang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *