Himbauan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kepada masyarakat untuk melakukan Vaksin Booster
Suasana Pasar di Martapura, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Provinsi Sumatera Selatan. (foto : Akbar)
Suasana Pasar di Martapura, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Provinsi Sumatera Selatan. (foto : Akbar)

Imbas BBM Naik Harga, Kebutuhan Pokok Ikut Merangkak Naik

WartaDesaku.id — Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) mulai berimbas terhadap naiknya sejumlah kebutuhan bahan pokok di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur Provinsi Sumatera Selatan.

Selain harga naik, tingkat daya beli masyarakat juga terlihat menurun. Hal ini berdasarkan pantauan di Pasar Tradisional Martapura, Kabupaten OKU Timur, pada hari Kamis pagi tanggal 15 September 2022.

Sepinya pembeli di pasar ini, membuat sejumlah pedagang lesu. Bukan hanya pedagang sembako saja, namun pedagang pakaian dan kebutuhan lainnya, juga turut mengalami imbasnya.

Kartila, salah satu pedagang sembako, mengatakan, untuk harga kebutuhan bahan pokok saat ini belum ada kenaikan signifikan. Sebab, sembako yang ia jual merupakan stok lama, sebelum adanya kenaikan harga BBM.

Namun ia memprediksi, kenaikan akan tetap terjadi, karena ongkos kirim pasokan sembako pasti ikut naik, imbas naiknya BBM subsidi. Kartila merincikan, untuk saat ini, harga beras medium yang ia jual masih kisaran Rp10 ribu per kilogram. Sedangkan beras premium, dì harga Rp12 ribu per kilogram.

Baca Juga :  KASAD Terima Tanda Kehormatan Combat Kagitingan Badge

Kemudian, untuk harga gandum curah, saat ini masih Rp10 ribu dan gandum premium dalam kemasan Rp12 ribu per kilogram. Selain itu, untuk harga minyak goreng, saat ini masih terbilang stabil dari kisaran harga Rp12 ribu hingga Rp15 ribu per kilogram, tergantung dengan merknya.

“Kalau harga belum naik signifikan, karena yang kita jual stok lama sebelum BBM naik. Cuma kendala saat ini pembeli makin sepi, jadi kita jualan juga lesu.” ujar Kartila.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.