Kabupaten Muba merupakan salah satu dari 99 kabupaten/kota terpilih yang mengikuti penilaian evaluasi program Gerakan Menuju 100 Smart City. (foto:put)
Kabupaten Muba merupakan salah satu dari 99 kabupaten/kota terpilih yang mengikuti penilaian evaluasi program Gerakan Menuju 100 Smart City. (foto:put)

Kabupaten Musi Banyuasin Peroleh Nilai Tertinggi Kabupaten Cerdas di Sumsel

Wartadesaku.id — Pemkab Musi Banyuasin dibawah komando Pj. Bupati Muba, Drs. H. Apriyadi, M.Si., melalui Dinas Komunikasi dan informatika terus berupaya dan berbenah dalam melakukan percepatan untuk mewujudkan Kabupaten Muba menuju kota cerdas “Smart City”.

Seperti diketahui Kabupaten Muba merupakan salah satu dari 99 kabupaten/kota terpilih yang mengikuti penilaian evaluasi program Gerakan Menuju 100 Smart City selama 5 hari secara daring (mulai tanggal 3-7 Oktober 2022). Dari hasil evaluasi tersebut, dilaporkan Kepala Dinas Kominfo Muba, Herryandi Sinulingga, A.P., bahwa berdasarkan Surat Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementrian Komunikasi dan informatika RI nomor : B-1003/DJAI/AI.01.04/12/2022 tentang Pemberitahuan hasil evaluasi bahwa Kabupaten Muba mendapatkan nilai (3,17), dan masih tertinggi di Provinsi Sumatera Selatan (Prov Sumsel). “Kita patut bersyukur, karena selama dua tahun berturut-turut kabupaten Muba meraih nilai tertinggi di Provinsi Sumatera Selatan.Tahun 2021, Muba berhasil meraih nilai 3,21 dan tahun 2022 ini Kabupaten Muba mendapatkan nilai tertinggi di Provinsi Sumsel 3,17 dan ini bukti nyata dari komitmen Pj Bupati dalam mendukung program smart city ini.” terangnya.

Dikatakan Lingga, Tim Asesor Evaluasi Smart City Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia evaluasi terhadap enam program Quick Wins smart city Kabupaten Muba tahun 2022 dan mendapati hasil yang terbaik. Salah satunya, tim menilai program-program menarik yang dilakukan mendapatkan dukungan yang baik dari pimpinan daerah. Regulasi sudah disiapkan untuk pelaksanaan Smart city. Presentase anggaran Smart City dibandingkan APBD besar.

Baca Juga :  Pesan Pj. Bupati Muba Kepada 746 Warga Binaan Lapas IIB Sekayu

Selain itu, lanjut Lingga banyak solusi cerdik memanfaatkan kombinasi solusi dalam setiap program smart city, sebagai terapan untuk menjamin keberlangsungan sesuai dengan kebutuhan masyarakat¬†dengan kondisi yang ada. “Kami Dinkominfo bersama OPD terkait Muba akan lebih meningkatkan lagi Keterlibatan masyarakat dalam melaksanakan program-program smart city, serta melengkapi Data dukung dengan data valid agar pimpinan dapat menyusun policy dengan baik. Selain itu, akan meningkatkan SDM serta pola kerja Perangkat Daerah dengan pola gaya Kekinian.” pungkasnya.

Terpisah, Pj Bupati Muba H. Apriyadi menyatakan bahwa dirinya akan terus mensupport program-program yang telah dibuat sehingga upaya yang dilakukan juga mendapatkan hasil yang terbaik kedepannya.  SPBE ini, dikatakan Apriyadi bukan hanya kerja dinkominfo tetapi seluruh kepala OPD harus komitemen menjalankan seluruhnya sesuai aturan dan mekanismeme SPBE, tujuanya adalah untuk memudahkan layanan publik terbuka transparan dan akuntabel ini kita lakukan sebagai upaya percepatan layanan transformasi di Muba.

Apriyadi juga menyampaikan apresiasinya atas pencapaian yang diraih Pemkab Muba melalui tim Dinas Kominfo Muba dan pihak yang telah mendukung berjalan kegiatan tersebut. “Dengan capaian nilai tertinggi di Sumsel ini, bisa lebih menyemangatkan Kabupaten Muba khususnya menjadi penyemangat bagi seluruh tim baik jajaran Dinkominfo Muba beserta seluruh OPD prmkab Muba karena penilaian ini menjadi penilaian seluruh OPD lainnya untuk percepatan transformasi digital menuju smart city dan smart regency.” tandasnya. (put)

Oyong Hairudin for DPRD Kota Palembang 2024

Disclaimer : Semua publikasi yang diterbitkan di media ini, merupakan tanggung jawab penanggung jawab redaksi (Pemimpin Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *