Himbauan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kepada masyarakat untuk melakukan Vaksin Booster
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Uno, saat melakukan visitasi ke Desa Wisata Undisan di Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali, pada hari Jum'at tanggal 12 Agustus 2022. (foto : kemenparekraf.go.id)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Uno, saat melakukan visitasi ke Desa Wisata Undisan di Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali, pada hari Jum'at tanggal 12 Agustus 2022. (foto : kemenparekraf.go.id)

Kemenparekraf Dukung Festival Kreatif Lokal Kembangkan Desa Wisata Tanah Air

WartaDesaku.id — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) atau Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) Republik Indonesia, mendukung penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal 2022 yang akan menghadirkan berbagai program dalam upaya mendukung pengembangan desa-desa wisata di tanah air.

“Kita patut bersyukur, karena saat ini pariwisata kembali menggeliat. Namun, kita harus pastikan bahwa pariwisata yang kembali menggeliat di Bali ini, lebih berkualitas dan memiliki aspek keberlanjutan. Oleh karena itu, kita harus sama-sama berkomitmen. Launching dari kick off Festival Kreatif Lokal yang merupakan hasil kerja sama Adira dan Kemenparekraf yang akan meningkatkan kekuatan dan daya tarik desa wisata.” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Uno, saat peluncuran Festival Kreatif Lokal 2022 di Desa Wisata Undisan, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali, pada hari Jumat tanggal 12 Agustus 2022.

Festival Kreatif Lokal 2022 merupakan program yang diinisiasi oleh Adira Finance yang fokus terhadap pengembangan pariwisata, budaya, kearifan lokal, dan pemberdayaan UMKM di Indonesia, khususnya di desa wisata. Festival kreatif lokal 2022 akan diadakan di 5 desa wisata di Jawa dan Bali yang meliputi kegiatan desa wisata kreatif, yaitu pelatihan dan pendampingan UMKM, festival pasar rakyat, dan jelajah desa wisata ramah berkendara.

Baca Juga :  Fraksi-Fraksi DPRD Sumsel Sampaikan Pandangan Umum Raperda Perubahan APBD 2022

Keberadaan desa wisata dikatakan Sandiaga, terbukti mampu mendorong kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja. Di tengah kondisi Covid 19 lalu, tingkat kunjungan wisatawan ke desa wisata justru tumbuh 30 persen.

“Sebanyak 50 desa wisata terbaik yang terpilih tahun lalu (ADWI 2021), semuanya mengalami peningkatan kunjungan. Kita ingin semua desa wisata dapat meningkatkan kualitas dan ini merupakan tantangan. Kita tidak bisa kerja sendiri, harus menggandeng beberapa pentahelix seperti Adira. Ke depan, saya ingin program-program strategis ini terus digelar untuk kebangkitan pariwisata kita.” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.