Himbauan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kepada masyarakat untuk melakukan Vaksin Booster
Amrah Muslimin, Ketua KPU Provinsi Sumatera Selatan. (foto : ig KPUProvinsiSumsel)
Amrah Muslimin, Ketua KPU Provinsi Sumatera Selatan. (foto : ig KPUProvinsiSumsel)

KPU Sumsel Sampaikan Jadwal Pengumuman Verifikasi Administrasi dan Jadwal Verifikasi Faktual

WartaDesaku.id — Pada 14 Oktober 2022 nanti, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia akan mengumumkan hasil dari Verifikasi Administrasi Partai Politik (Parpol). Parpol yang lolos verifikasi, langsung lanjut dengan verifikasi faktual.

“Pada 14 Oktober 2022 nanti, akan diketahui partai mana saja yang berhak mengikuti verifikasi faktual, dan ini berlaku bagi Parpol Non Parlemen atau baru.” kata Ketua KPU Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Amrah Muslimin, pada hari Rabu tanggal 12 Oktober 2022.

KPU Sumsel sendiri, telah menyiapkan skenario untuk Verifikasi Faktual yang dijadwalkan 15-17 Oktober 2022, baik KPU Provinsi, ataupun kabupaten dan kota. Verifikasi ini meliputi kepengurusan dan kantor dari Parpol itu sendiri.

Baca Juga :  Iqbal J Permana dan Fir Azwar Hadirkan Sukma Ekologis

“Kemudian di tiap tingkatan, 18 Oktober sampai 4 November 2022, KPU kabupaten dan kota akan melakukan verifikasi faktual keanggotaan Parpol yang lolos administrasi.” katanya.

Tidak semua keanggotaan parpol yang di verifikasi oleh KPU. KPU akan menerapkan sampling secara random. “Seperti partai A mengusulkan 1.000, kita ambil sample saja, sekitar 10 persen dan kita faktualnya.” katanya.

Nantinya, dalam verifikasi faktual itu sendiri, dalam hal kepengurusan inti partai yaitu Ketua, Sekretaris, dan Bendahara, harus bisa dihadirkan dan ketemu langsung.

“Memang kalau berhalangan, harus jelas, misal kalau sedang Umrah harus dibuktikan, dan bisa video call untuk memastikannya.” katanya. (zal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *