Himbauan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kepada masyarakat untuk melakukan Vaksin Booster
Ketua TP PKK Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Hj. Asna Aini Apriyadi, saat melakukan kunjungan Monitoring dan Evaluasi (Monev) di Desa Bailangu dan Sungai Medak, Kecamatan Sekayu, pada hari Selasa tanggal 1 November 2022. (foto : Fran)
Ketua TP PKK Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Hj. Asna Aini Apriyadi, saat melakukan kunjungan Monitoring dan Evaluasi (Monev) di Desa Bailangu dan Sungai Medak, Kecamatan Sekayu, pada hari Selasa tanggal 1 November 2022. (foto : Fran)

Kunjungi Desa Bailangu dan Sungai Medak, TP PKK Muba Dorong Kader Posyandu Lebih Aktif

WartaDesaku.id — Posyandu memiliki peran yang sangat penting dalam mendeteksi secara dini mengenai tumbuh dan kembang anak. Posyandu juga menjadi wahana pertama dan utama untuk meningkatkan edukasi pencegahan stunting.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba) melalui Tim Penggerak (TP) PKK melaksanakan monitoring kesehatan dan perkembangan anak yang cakupan layanannya untuk penanganan stunting.

Pernyataan tersebut disampaikan secara langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Hj. Asna Aini Apriyadi, saat melakukan kunjungan Monitoring dan Evaluasi (Monev) di Desa Bailangu dan Sungai Medak, Kecamatan Sekayu, pada hari Selasa tanggal 1 November 2022.

Hj. Asna Aini Apriyadi mengingatkan kader ntuk lebih aktif dalam menginformasikan jadwal Posyandu. Dia juga menghimbau ibu hamil dan orang tua serta balita, untuk datang ke Posyandu guna memantau gizi balita dan tumbuh kembang anak.

“Jika ditemukan balita yang mengalami masalah gizi, termasuk stunting, maka tugas kader akan melaporkan ke Bidan Desa dan merujuk ke Puskesmas, agar mendapatkan penanganan. Kader juga yang menyalurkan Pemberian Makanan Tambahan Pemulihan dari Puskesmas kepada balita gizi kurang atau pun stunting.” tuturnya.

Baca Juga :  Semburan Minyak Di Keluang Berhasil Dikendalikan

Terkait dengan makanan tambahan yang selalu disediakan di Posyandu untuk anak Balita, dia juga berpesan agar memperhatikan gizi yang diberikan, sehingga terbantu akan pertumbuhan dan kesehatan anak.

“Apabila sudah sesuai dengan pelaksanaan program Posyandu, maka pencegahan stunting dari dini, dapat dilaksanakan dan penurunan angka stunting di Muba, semakin hari akan semakin turun.” tegas istri Pj. Bupati Muba itu.

Hj. Asna Aini Apriyadi itu juga berharap, dengan adanya Monitoring dan Evaluasi yang dilakukan, dapat menambah pengetahuan bagi kader maupun bidan pelaksana dari Puskesmas, untuk menata kembali Posyandu agar lebih baik ke depannya. (frd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *