Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Palembang menggelar aksi di Bundaran Air Mancur. (foto : dok. AJI Palembang)
Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Palembang menggelar aksi di Bundaran Air Mancur. (foto : dok. AJI Palembang)

Maju Bersama Kawal Kebebasan Pers, AJI Palembang Buka Pendaftaran Anggota Baru 2023

WartaDesaku.id — Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Palembang kembali membuka kesempatan bagi para jurnalis di Sumatera Selatan (Sumsel), untuk bergabung menjadi bagian dari organisasi profesi jurnalis AJI Palembang.

Sekretaris AJI Palembang, M. Rangga Erfizal, mengatakan, open recruitment AJI Palembang bisa diikuti oleh jurnalis freelance, jurnalis warga, hingga pers mahasiswa dari berbagai kampus di Sumsel.

Open Recruitment AJI Palembang sudah mulai dibuka dari tanggal 27 Maret 2023 hingga 27 April 2023 mendatang.” katanya ketika dikonfirmasi hari Senin tanggal 3 April 2023.

Ada serangkaian seleksi yang dilakukan untuk menyaring calon anggota baru AJI Palembang di tahun 2023 ini, mulai dari persyaratan administrasi, pemantauan, dan tes wawancara.

Baca Juga :  Somasi Tak Berdasar Membungkam Kebebasan Pers, RMK Energy (RMKE) dan Hotman Paris Wajib Minta Maaf

Persyaratan administrasi untuk mendaftarkan diri yakni minimal 1 tahun menjadi jurnalis freelance, jurnalis warga, atau pers mahasiswa, usia minimal 18 tahun.

Lalu menyerahkan bukti karya jurnalistik dalam 1 tahun terakhir, yaitu 3 karya tulis untuk jurnalis freelance, 12 karya tulis untuk jurnalis warga, dan pers mahasiswa.

“Karya jurnalistik bisa berupa tulisan, video, foto, gambar, grafik dan bentuk jurnalistik lainnya yang dilampirkan dalam bentuk soft copy di link pendaftaran di http://bit.ly/3nB3zkJ, serta melampirkan pas foto terbaru 3×4,” ucapnya.

Calon anggota yang lolos seleksi administrasi, akan berada dalam pemantauan AJI Palembang, berkaitan dengan independensi, profesionalitas dan integritas calon anggota dalam melakukan kerja-kerja jurnalistik.

Nantinya, akan ada tes wawancara bagi calon anggota yang lolos, dengan jadwal wawancara yang akan diinformasikan lagi.

Baca Juga :  Cegah Inflasi, Gubernur Sumsel Instruksikan Wali Kota dan Bupati Rajin Turun ke Lapangan

Ketua Bidang Organisasi dan Edukasi AJI Palembang Nefri Inge, mengungkapkan, untuk materi wawancara, terkait pengetahuan jurnalistik, regulasi terkait media massa dan pers, serta etik dan integritas calon anggota yang lolos tes wawancara, berhak ikut tahapan selanjutnya yakni pembekalan.

“Bergabunglah bersama AJI Palembang untuk maju, bergerak bersama mengawal kebebasan pers, menjaga profesionalitas dan menciptakan kesejahteraan jurnalis.” ucapnya.

Link pendaftaran bisa diakses di http://bit.ly/3nB3zkJ atau bisa dicek di akun Instagram @aji_palembang. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Ketua Bidang Organisasi dan Edukasi Nefri Inge (0813-6757-4033) atau Sekretariat AJI Palembang (0811-7305-944). (raam)

Oyong Hairudin for DPRD Kota Palembang 2024
Laporan :
Editor : Aprizal Sikumbang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *