Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Muba, Andi Wijaya Busro, meresmikan Sosialisasi Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) di Ruang Rapat Serasan Sekate, pada hari Rabu tanggal 14 Juni 2023. (foto : wartadesaku.id/arba'a)
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Muba, Andi Wijaya Busro, meresmikan Sosialisasi Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) di Ruang Rapat Serasan Sekate, pada hari Rabu tanggal 14 Juni 2023. (foto : wartadesaku.id/arba'a)

Optimalkan Peran Komunitas Informasi Masyarakat, Pemkab Muba Gelar Sosialisasi

WartaDesaku.id — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo), menggelar Sosialisasi Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) di Ruang Rapat Serasan Sekate, pada hari Rabu tanggal 14 Juni 2023.

Pj. Bupati Muba, H. Apriyadi Mahmud, yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Muba, Andi Wijaya Busro, secara resmi membukan kegiatan tersebut.

Dalam kesempatan itu, Andi Wiijaya Busro menyampaikan, KIM adalah komunitas yang dibentuk oleh, dari, dan untuk masyarakat secara mandiri serta kreatif, yang aktifitasnya banyak melakukan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan nilai tambah serta pembentukan susunan dan keanggotaan forum koordinasi KIM di Kabupaten Muba pada kegiatan penyelenggaraan hubungan masyarakat, media, dan kemitraan komunitas.

“Artinya, kehadiran kepengurusan KIM di Kabupaten Muba, bisa menjadi penyambung informasi dari Pemerintah kepada Masyarakat umum dan sebaliknya. Sehingga diharapkan dapat menangkal disinformasi dan bisa juga menggali potensi wilayah agar kabupaten Muba bisa lebih baik dalam memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini.” ungkapnya.

Baca Juga :  Ribuan Santri Peringati Hari Santri Nasional di Bayung Lencir

Lanjutnya, salah satu tugas dan peran KIM adalah dapat membantu peningkatan kualitas SDM dalam mengelola dan menyebarkan informasi untuk pemberdayaan masyarakat dan mampu mengangkat potensi daerah Muba, karena KIM merupakan mitra kerja pemerintah daerah yang diharapkan bisa bersama-sama membantu dan menjalin komunikasi secara intensif.

“Mengingat pentingnya arti dari KIM ini, maka kami atas nama Pemkab berharap kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti acara sosialisasi ini dengan sungguh-sungguh. Serta dapat melakukan tugas, peran dan fungsi dari KIM ini di setiap kecamatan, perangkat daerah dengan semaksimal mungkin dalam pelayanan kepada masyarakat.” tuturnya.

Baca Juga :  Bermalam Minggu di Desa Kaliberau, H. Apriyadi Mahmud Serap Aspirasi Hingga Maen Gaple Bareng Warga

Sementara itu, Kepala Dinkominfo Muba, Herryandi Sinulingga, melalui Kepala Bidang Komunikasi Publik, Achmad Kartiko Buwono, menyampaikan maksud dan tujuan dengan adanya sosialisasi KIM ini, untuk mewujudkan masyarakat yang aktif, peduli, peka dan memahami informasi. Memberdayakan masyarakat melalui diskusi antar anggota, sehingga dapat memilih informasi yang di butuhkan bagi kepentingan pribadi, kelompok, masyarakat. Mewujudkan jaringan informasi serta media komunikasi dua arah antar kelompok/masyarakat maupun dengan pihak pemerintah sehingga tercipta kerjasama dan kebersamaan.

“Adapun peserta yang hadir untuk mengikuti sosialisasi sebanyak 80 orang. Dengan menghadirkan tiga narasumber, diantaranya Sekretaris Forum KIM Sumsel Hendra A Setyawan, Amrullah, dan Maspril Aries. Waktu pelaksanaan sosialisasi akan dilaksanakan pada hari Rabu dan Kamis tanggal 14 Juni-15 Juni 2023.” tandasnya. (mai)

Laporan :
Editor : Aprizal Sikumbang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *