Himbauan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kepada masyarakat untuk melakukan Vaksin Booster
Suasana Seminar Literasi Digital yang digelar oleh PC PMII Kota Palembang bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia di Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu Kota Palembang, hari Sabtu tanggal 8 Oktober 2022. (foto : fir)
Suasana Seminar Literasi Digital yang digelar oleh PC PMII Kota Palembang bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia di Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu Kota Palembang, hari Sabtu tanggal 8 Oktober 2022. (foto : fir)

PC PMII Kota Palembang Gelar Seminar Literasi Digital

WartaDesaku.id — Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Palembang menggelar seminar Literasi Digital dengan Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia yang bertema Menjaga Keamanan Data Pribadi di Ruang Digital.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk Meningkatkan kesadaran akan pentingnya edukasi Literasi Digital guna mewujudkan ekosistem digital yang aman, nyaman, dan produktif. Seminar bertepat di Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah terpadu kota Palembang, pada hari Sabtu tanggal 8 Oktober 2022.

Turut hadir Kepala sub Koordinator Kesejahteraan Sosial Bagian Kesra Kota Palembang, Ahmad Arifin, S.H., Sekretaris Mabincab PC PMII Kota Palembang, H. Risani, M.H.

Pada Seminar tersebut terdapat 4 pemateri, yaitu dari Dirkrimsus Polda Sumsel (Kombes Pol M. Barly Ramadhan, S.H., S.I.K.) Kadis Kominfo Kota Palembang (H. Edison, S.Sos), Aktivis Milenial (Silva Marcelina S.Sos), dan Sutami Ismail, S.Ag. (Anggota DPRD Kota Palembang).

Seminar tersebut membahas mengenai keamanan digital yang merupakan salah satu dari 4 pilar literasi digital.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo Republik Indonesia, Semuel Abrijani Pangerapan, B.SC., M.M., dalam sambutannya melalui video pre record mengatakan bahwa Dunia internet saat ini semakin dipenuhi konten berbau berita bohong, ujaran kebencian, dan radikalisme, bahkan praktik–praktik penipuan.

Baca Juga :  Asprov PSSI Sumsel Sudah Miliki Bakal Calon Ketua dan Exco

“Kementerian Komunikasi dan Informatika dituntut berperan aktif dalam menghentikan penyebaran hoaks serta dampak negatif internet lainnya dengan meningkatkan kemampuan kognitif masyarakat Indonesia melalui pelatihan kecakapan literasi digital.” ujarnya.

Sementara itu yang mewakili Wali Kota Palembang, Kepala sub Koordinator Kesejahteraan Sosial Bagian Kesra Kota Palembang Ahmad Arifin, S.H., Sangat mengapresiasi Seminar Literasi Digital tersebut. “Pemerintah kota Palembang sangat mensupport, Semoga dengan seminar ini dapat memunculkan ide-ide yang konstruktif dan inovatif.” ujar Ahmad Arifin.

Muhammad Adha, S.Pd., Selaku Ketua PC PMII Kota Palembang, usai acara selesai mengatakan, seminar nasional ini merupakan langkah awal PMII Palembang untuk menjadi lebih Produktif.

“Bagian dari kegiatan ini merupakan kegiatan awal pasca pelantikan PC PMII Palembang pada bulan September. Mudah-mudahan program ini menjadi langkah awal PC PMII Palembang untuk menuju PMII Kota Palembang yang produktif dan dapat membuka berbagai macam program yang dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas PMII Kota Palembang.” ujar Adha. (fir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *