Pj Bupati Muba H. Apriyadi menghadiri kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Tentang Advokasi Pemerintah Daerah dalam Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar di Kabupaten Muba di Auditorium Pemkab Muba, pada hari Senin tanggal 05 Juni 2023. (Foto:Mei)
Pj Bupati Muba H. Apriyadi menghadiri kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Tentang Advokasi Pemerintah Daerah dalam Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar di Kabupaten Muba di Auditorium Pemkab Muba, pada hari Senin tanggal 05 Juni 2023. (Foto:Mei)

Pemkab Muba Gelar FGD Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar

Wartadesaku.id — Gencar tingkatkan mutu pendidikan, Pemkab Musi Banyuasin dibawah komando Pj Bupati Muba H. Apriyadi sangat mendukung keberlanjutan implementasi program merdeka belajar di lingkungan Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Muba.

Pernyataan ini disampaikan langsung oleh Pj Bupati Muba H. Apriyadi saat hadir membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Tentang Advokasi Pemerintah Daerah dalam Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar di Kabupaten Muba di Auditorium Pemkab Muba, pada hari Senin tanggal 05 Juni 2023.

Tidak hanya itu, Apriyadi juga menyatakan bahwa dirinya siap mendukung para guru untuk melakukan studi lanjut program Doktor (S3) bahkan berencana untuk mendanai biayai per semesternya. “Pak Iskandar siapkan anggarannya, kita akan bayarkan SPP per semesternya bagi guru yang ingin lanjut ke pendidikan doktor (S3).” ujarnya.

Selain itu, Pj Bupati H. Apriyadi juga berharap melalui 4 program prioritas Kemendikbud diantaranya program sekolah penggerak, program guru penggerak, implementasi kurikulum Merdeka, dan perencanaan berbasis data serta program transisi PAUD-SD, sekolah didorong agar dapat untuk bertransformasi meningkatkan capaian hasil belajar peserta didik secara holistik, untuk mewujudkan profil pelajar pancasila.

Baca Juga :  Tekan Inflasi, Pj Bupati Apriyadi dan Bulog Stabilkan Harga dan Pasokan Beras

“Saya memberikan apresiasi kepala sekolah penggerak dan guru penggerak yang saat ini sedang bekerja keras dengan penuh kesungguhan melakukan transformasi untuk meningkatkan kualitas belajar peserta didik.” ungkapnya.

Saat ini, lanjutnya di sekolah-sekolah penggerak dan sekolah yang melaksanakan implementasi kurikulum merdeka sedang terjadi perubahan yang baik, yaitu penyelenggaraan pembelajaran berubah menjadi berpusat pada murid. Melakukan projek penguatan profil pelajar pancasila, dan menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan inklusif.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Sumsel Aria Ahmad Mangunwibawa S.Psi, M.Si, dan Kepala Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Sumsel DRA. Ohorella, M.IKom, Selama ini telah mendampingi Dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Muba dan memberikan advokasi kepada guru, pengawas untuk terwujudnya layanan pendidikan yang semakin baik di Kabupaten Muba terutama implementasi kebijakan Merdeka Belajar.” tandasnya.

Sementara Kepala (BPMP) Provinsi Sumsel Aria Ahmad Mangunwibawa, S.Psi, M.Si., dalam laporannya juga menyampaikan apresiasi atas kinerja Pemkab Muba khususnya Dinas pendidikan dan kebudayaan yang sangat komitmen untuk memperkuat dukungan dan menjaga keberlanjutan ragam kebijakan.

Baca Juga :  Timmer dan Kontaktor Error, Lampu Jalan di Muba Langsung Diperbaiki

Menurutnya, pendidikan di Kabupaten Muba saat ini semakin meningkat dan lebih baik. “Terima kasih kepada Pemkab Muba khususnya Dinas pendidikan dan kebudayaan yang sudah memfasilitasi kegiatan ini. Perlu kami sampaikan pertemuan ini tujuan secara umum untuk memperkuat program sistem merdeka belajar. Secara khusus untuk membangun sinergitas program dan anggaran, meningkatkan kolaborasi sesama pemangku kepentingan pendidikan di Provinsi Sumatera Selatan khususnya di Kabupaten Muba ini sendiri, serta untuk memperkuat koordinasi sistem pendidikan implementasi kebijakan Merdeka Belajar.” tandasnya.

Turut hadir, Kepala BPMP Provinsi Sumsel Aria Ahmad Mangunwibawa, S.PSi M.Si, Kepala Balai Guru Penggerak Prov. Sumsel Dra. Ohorella Erma, M.IKOM, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. Iskandar Syahrianto, M.H, Perwakilan Bunda Paud Kab Muba Erliani Yusuf, Para Kepala Perangkat Daerah, para kepala sekolah dan guru penggerak. (Mei)

Oyong Hairudin for DPRD Kota Palembang 2024
Laporan :
Editor :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *