Himbauan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kepada masyarakat untuk melakukan Vaksin Booster
Aziza, S.Sos., Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Musi Banyuasin, menyerahkan bantuan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah. (foto : Akun Facebookk Pemkab Muba)
Aziza, S.Sos., Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Musi Banyuasin, menyerahkan bantuan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah. (foto : Akun Facebookk Pemkab Muba)

Pemkab Muba Gelar Pelatihan Pembuatan Peci Gambo Hingga Kemasan

WartaDesaku.id — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba) memberikan perhatian yang serius kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Pasalnya, Covid 19 yang melanda Indonesia dan khususnya Muba selama dua tahun terakhir ini, menyebabkan berbagai sektor ekonomi menjadi melemah.

Perhatian serius oleh Pemkab Muba itu diwujudkan dengan menyelenggarakan Pelatihan Pembuatan Peci berbahan Kain Gambo dan juga pelatihan pembuatan kemasan yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) di Halaman Rumah Gambo, Sekayu, pada hari Jum’at tanggal 5 Agustus 2022.

Kadinperindag Muba, Azizah, S.Sos., M.T., mengungkapkan, pelatian pembuatan kemasan dan peci Gambo tersebut, bertujuan untuk membantu pelaku UMKM untuk memperkuat branding dan menghasilkan nilai jual yang baik, serta produk masyarakat dapat tembus ke pasar nasional dan internasional. Selain itu, pelatihan tersebut juga dapat memberdayakan perempuan dengan tujuan mengembangkan semua potensi yang dimiliki.

“Kita berharap, melalui kegiatan pelatihan ini, bisa membangkitkan kembali pertumbuhan ekonomi. Semoga para peserta yang sudah memiliki kesempatan untuk ikut dalam pelatihan ini, dapat belajar dengan maksimal, sehingga ilmu yang diberikan oleh instruktur dapat berguna untuk meningkatkan nilai tambah dari usahanya masing-masing.” katanya.

Baca Juga :  Muba Kembali Gelar Operasi Jantung Gratis

Di tempat yang sama, Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melalui Dinperindag Muba, menyerahkan secara simbolis kepada pedagang yakni etalase, gerobak, coolbox, payung, dan timbangan duduk.

“Bantuan yang diberikan yaitu sebanyak delapan belas etalase, enam buah gerobak, dua puluh empat coolbox, tiga puluh buah payung jualan, dan dua belas timbangan duduk. Dengan adanya bantuan sarana perdagangan ini, semoga para pelaku usaha dapat memanfaatkan bantuan ini secara tepat dan sebaik mungkin untuk meningkatkan pendapatan dan dapat menunjang ekonomi daerah.” ujar Azizah.

Sementara itu, Pj. Bupati Muba, Drs. H. Apriyadi, M.Si., berharap, melalui pelatihan tersebut, gairah perekonomian di sektor UMKM, bisa kembali bangkit dan terus berjaya serta memunculkan kreatifitas-kreatifitas baru dan menarik.

“Ikuti pelatihan ini dengan baik. Pemkab Muba akan terus dorong bangkitnya perekonomian di sektor UMKM dan terus tumbuh dengan karya-karya yang kreatif dan menarik.” tegasnya. (mhi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.