Himbauan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kepada masyarakat untuk melakukan Vaksin Booster
Petugas Pelayanan Kesehatan di Musi Banyuasin sedang melakukan perawatan terhadap gigi masyarakat. (foto : frd)
Petugas Pelayanan Kesehatan di Musi Banyuasin sedang melakukan perawatan terhadap gigi masyarakat. (foto : frd)

Pemkab Muba Tingkatkan Layanan Kesehatan Hingga Tingkat Terbawah

WartaDesaku.id — Masalah kesehatan menjadi sebuah tantangan yang serius di Indonesia, tidak terkecuali di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, harus membutuhkan komitmen dan dukungan dari Pemerintah Daerah (Pemda), Aparatur Pemerintah, dan Organisasi Masyarakat.

Oleh karena itu, dalam upaya tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muba melalui Dinas Kesehatan (Dinkes), melakukan peningkatan sarana dan prasarana kesehatan hingga menyentuh masyarakat lapisan paling bawah, mulai dari penyediaan sarana posyandi sampai ke Puskesmas.

“Kita telah menyediakan sarana Posyandu, seperti Alat Antropometri Set untuk melancarkan kegiatan Posyandu. Kemudian, di setiap Puskesmas juga sudah tersedia USG, Automatic Lab, EKG, Analisa Kualitas Udara, Sistem Telemedicine, dan Poli Gigi dengan alat yang canggih.” ujar Kepala Dinkes Muba, dr. Azmi Dariusmansyah, kepada wartawan pada hari Jum’at tanggal 21 Oktober 2022.

Momen ini, masih kata dr. Azmi Dariusmansyah, juga untuk memperkuat Instruksi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia dalam menyikapi gagal ginjal akut, yang menyarankan masyarakat berobat ke Fasilitas Pelayanan Kesehatan untuk mendapatkan resep.

Baca Juga :  Soraya Angelina dari Muba, Wakili Sumsel Di Tingkat Nasional Puteri Remaja Pariwisata

“Semua layanan kesehatan, kita berikan secara gratis untuk warga Musi Banyuasin. Semoga masyarakat dapat memanfaatkan semua fasilitas yang ada dan dengan adanya peningkatakan sarana serta prasarana ini, dapat membantu memberikan pelayanan yang prima.” tegasnya.

Sementara itu di kesempatan yang lain, Pj. Bupati Muba mengatakan bahwa Pemkab Muba berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas Pelayanan Kesehatan kepada masyarakat. “Pemkab Muba terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan sesuai standar yang telah ditetapkan, sehingga dapat memberikan jaminan kepuasan bagi masyarakat.” tutur H. Apriyadi, Pj. Bupati Muba.

Menurut dirinya, salah satu upaya untuk meningkatkan Pelayanan Kesehatan adalah memang dengan meningkatkan mutu pelayanan di tingkat Puskesmas. Mengingat, Puskesmas merupakan garda terdepan dalam penyelenggaraan upaya kesehatan dasar, sehingga perlu dikelola dengan baik.

“Kita sangat mengapresiasi inovasi dari Dinas Kesehatan karena telah meningkatkan sarana dan prasarana guna mendukungk inerja Puskesmas, dalam memberikan pelayanan kesehatan yang optimal untuk seluruh masyarakat yang ada di Muba.” pungkasnya. (frd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *