Wali Kota Pagar Alam, Alpian Maskoni, menyerahkan bantuan bibit tanaman kopi kepada Kelompok Tani di Desa Karang Dale, pada hari Kamis tanggal 01 Desember 2022. (foto : WartaDesaku.id/Fran Deki)
Wali Kota Pagar Alam, Alpian Maskoni, menyerahkan bantuan bibit tanaman kopi kepada Kelompok Tani di Desa Karang Dale, pada hari Kamis tanggal 01 Desember 2022. (foto : WartaDesaku.id/Fran Deki)

Pemkot Pagar Alam Salurkan Bantuan 32.000 Bibit Kopi

WartaDesaku.id, Pagar Alam — Pemerintah Kota (Pemkot) Pagar Alam bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI) melakukan pendistribusian bantuan 32.000 bibit tanaman kopi, 3.2 ton pupuk organik, dan Kartu Tani, kepada Kelompok Tani, pada hari Kamis tanggal 01 Desember 2022 di Dusun Karang Dale, kelurahan Karang Dale, Kecamatan Dempo Tengah.

Adapun Kelompok Tani yang menerima bantuan itu yakni Kelompok Tani Naggiran II, Cipta Tani, Serumpun, dan Rebah Kucing. Selain itu, Kartu Tani yang diserahkan oleh Pimpinan Cabang BRI Kota Pagar Alam itu, bisa digunakan oleh para petani untuk membeli pupuk organik bersubsidi ke agen-agen pupuk di kota yang terkenal dengan Gunung Dempo itu.

Wali Kota Pagar Alam, Alpian Maskoni, dalam kegiatan tersebut menyampaikan, kopi merupakan salah satu komoditi unggulan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Pihaknya telah terus berupaya membantu masyarakat dalam meningkatkan kualitas dan hasil panel kopi.

Baca Juga :  Juara Harapan 2 ADWI Tingkat Nasional, Warga Desa Wisata Tebat Lereh Gelar Syukuran

“Secara bertahap, Pemkot Pagar Alam melaksanakan program-program di bidang pertanian dan perkebunan dalam memaksimal penggunaan lahan milik warga, serta meningkatkan produktivitas hasil pertanian, terkhusus tanaman kopi dengan menggalakkan sambuk pucuk atau stek.” tuturnya.

Dirinya pun menuturkan, tanaman kopi yang disambung pucuk, memiliki keunggulan dalam jumlah hasil panen, jika dibandingkan dengan tanaman kopi yang belum disambung pucuk. Selain itu, peningkatan hasil pengelolahan dan pemasaran, menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan, serta perlu strategi khusus dalam penerapannya, sehingga kopi dapat menjadi pendongkrak ekonomi masyarakat Kota Pagar Alam.

“Saya¬† berharap, bantuan bibit tanaman kopi, pupuk organik bersubsidi, serta sambung pucuk kopi ini, dapat memberikan manfaat dan bisa mendongkrak perekonomian masyarakat kota Pagar Alam.” ucap Alpian Maskoni. (fran deki)

Oyong Hairudin for DPRD Kota Palembang 2024

Disclaimer : Semua publikasi yang diterbitkan di media ini, merupakan tanggung jawab penanggung jawab redaksi (Pemimpin Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *