Himbauan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kepada masyarakat untuk melakukan Vaksin Booster
Tangkapan Layar Tantowi Yahya saat berbincang dengan Helmy Yahya di channel YouTube Helmy Yahya Bicara. (foto : Al)
Tangkapan Layar Tantowi Yahya saat berbincang dengan Helmy Yahya di channel YouTube Helmy Yahya Bicara. (foto : Al)

Pilkada Sumsel 2024, Tantowi Yahya Senggol Petahana

WartaDesaku.id — Sejumlah Tokoh asal Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mulai turun gunung untuk menjadi penantang Herman Deru pada kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 mendatang. Jelas saja, kehadiran tokoh baru akan mengancam kelanggengan petahana.

Bahkan, Mantan Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Selandia Baru yakni Tantowi Yahya, didorong oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golongan Karya (Golkar), Airlangga Hartarto, untuk maju sebagai Calon Gubernur Sumsel pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) nanti.

Hal ini diungkapkan sendiri oleh Tantowi Yahya yang juga Wakil Ketua Dewan Pakar DPP Partai Golkar, pada saat podcast di channel youtube Helmy Yahya Bicara 22 Juni lalu. “Saya didorong oleh Ketum, Pak Airlangga, untuk maju sebagai Sumsel Satu, ini lagi saya pikirkan.” ujar pria yang berasal dari Kabupaten Ogan Ilir itu.

Kakak Kandung Helmy Yahya ini menyebutkan, dirinya akan maju sebagai Calon Gubernur (Cagub) Sumsel apabila diberikan kesempatan untuk memilih Cawagub. “Kalau boleh memilih Cawagub, saya akan pilih Helmy Yahya Cawagub saya.” canda Tantowi Yahya.

Selain Tantowi Yahya, sejumlah nama juga digadang-gadang kuat akan turun gunung. Diantaranya Edy Santana Putra (Anggota DPR RI/mantan walikota Palembang), Heri Amalindo (Bupati Kabupaten PALI), SN Prana Putra Sohe (Wali Kota Lubuklinggau), dan sejumlah tokoh lainnya, termasuk Wakil Gubernur saat ini, Mawardi Yahya.

Baca Juga :  Pemungutan Suara Ulang, Juanda Ungguli Petahana Di Pilkades Kedondong

Diketahui, Tantowi merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia masa jabatan 2009-2017 dari Partai Golkar. Sebagai anggota parlemen, ia menjabat sebagai anggota Komisi I yang membidangi Pertahanan, Intelijen, Luar Negeri & Komunikasi serta menjabat sebagai Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR Republik Indonesia. Ini merupakan periode kedua Tantowi duduk sebagai anggota parlemen. Pada periode pertama (2009-2014), ia mewakili daerah pemilihan Sumsel. Sementara pada periode kedua, dia mewakili DKI Jakarta.

Sebelum menjadi politikus dan anggota parlemen, Tantowi Yahya dikenal sebagai pembawa acara serta ikon musik country di Indonesia. Ia adalah kakak dari Helmy Yahya yang juga seorang pembawa acara. Pada 13 Maret 2017, Tantowi dilantik oleh Presiden Joko Widodo menjadi Dubes untuk Selandia Baru merangkap Samoa dan Kerajaan Tonga, yang berkedudukan di KBRI Wellington.

Sejak kecil, putra ke delapan pasangan H.M. Yahya Matusin dan Hj. Komariah Yahya ini, telah bercita-cita menjadi orang terkenal. Baginya keterkenalan itu memudahkan semua persoalan. Bakat seni, khususnya musik, sudah terlihat sejak ia di sekolah dasar. Tantowi senang menyanyi, khususnya lagu-lagu barat yang kemudian ia kenal sebagai lagu-lagu Country. Darah musik mengalir dari ayahnya yang ketika muda dikenal di kampungnya di Indralaya, Sumsel, sebagai seorang pemusik dan penyanyi. (al)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *