Pj Bupati Apriyadi Mahmud secara resmi mengalihkan jaringan listrik warga Muba dari PT MEP dialihkan ke PT PLN, pada hari Kamis tanggal 21 Desember 2023 siang. (Foto:red)
Pj Bupati Apriyadi Mahmud secara resmi mengalihkan jaringan listrik warga Muba dari PT MEP dialihkan ke PT PLN, pada hari Kamis tanggal 21 Desember 2023 siang. (Foto:red)

Pj Bupati Apriyadi Berhasil Alihkan Pelanggan MEP ke PLN , Jadikan Muba Terang Benderang

Wartadesaku.id — Ratusan ribu warga Musi Banyuasin yang tersebar di 14 Kecamatan dan selama bertahun-tahun dihadapi dengan kondisi listrik yang kerap kali byarpet atau padam kini dapat bernapas lega.

Pasalnya, pada hari Kamis tanggal 21 Desember 2023 siang secara resmi Pj Bupati Apriyadi Mahmud mengalihkan jaringan listrik warga tersebut ke aliran listrik PT PLN yang diyakini akan memaksimalkan pasokan aliran listrik untuk warga Muba.

Hal tersebut ditandai dengan Penandatanganan MoU dan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan PT PLN (Persero) tentang Pembangunan Jaringan dan Penyediaan Tenaga Listrik oleh PT. PLN di Kabupaten Bumi Serasan Sekate di Auditorium Sriwijaya Gedung PT PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu di Palembang.

Perjuangan Pj Bupati Apriyadi Mahmud yang berbuah manis itu tidak lepas dari keprihatinan dirinya atas keluhan warga yang bertahun-tahun mengalami listrik byarpet atau tidak stabil.

“Alhamdulillah dalam kurun waktu satu tahun ketika saya dilantik menjadi Pj Bupati Muba, tuntutan warga untuk mendapatkan pasokan listrik dari PLN akhirnya hari ini terealisasikan.” ucap Pj Bupati Apriyadi Mahmud.

Putra daerah Muba kelahiran Desa Bumi Ayu Kecamatan Lawang Wetan ini menceritakan, keberadaan PT MEP merupakan inovasi era Bupati Muba Alex Noerdin, dimana pada saat itu daerah pelosok di Muba belum mendapatkan pasokan listrik dan saat itu pihak PLN tidak sanggup memasok aliran listrik.

Baca Juga :  Sukses Turunkan Stunting, Muba Raih Penghargaan

“Dan pada tahun 2004-2008 berkat inisiasi pak Bupati Alex Noerdin tersebut warga Muba mendapatkan pasokan listrik dari PT MEP yang merupakan BUMD Pemkab Muba.” ujarnya.

Ia menambahkan, seiring perjalanan akhirnya pasokan listrik dari PT MEP seringkali mengalami byarpet karena keterbatasan pasokan yang mengcover kebutuhan warga yang terus bertambah.

“Pada tahun 2017 di era pak Bupati Dodi Reza Alex Noerdin, warga menuntut agar pasokan listrik dari PT MEP dialihkan ke PLN, namun perjalanannya banyak dihadapkan dengan banyak kendala.” dan hari ini di akhir tahun 2023 bisa segera kita wujudkan urainya.

Mantan Kades Pematang Palas ini melanjutkan, ketika dirinya mendapatkan amanah menjabat Pj Bupati Muba dirinya yang kerap kali turun langsung ke lapangan terus mendengar keluhan warga terkait persoalan listrik yang tidak stabil.

“Setahun belakangan kita sangat intens berkomunikasi dengan PT PLN yang juga difasilitasi Pemprov Sumsel untuk mengalihkan jaringan PT MEP ke PLN, yang tentunya tidak mudah dan penuh lika-liku.” paparnya.

Apriyadi berharap, setelah peralihan pasokan listrik dari PT MEP ke PLN ini dapat lebih memudahkan aktifitas warga Muba. “Semoga listrik di Muba lebih stabil dan dapat menopang peningkatan perekonomian di Muba.” harapnya.

Baca Juga :  Sinergi Antar Forkopimda dan OPD di Muba, Gelar Senam Bersama

Lanjutnya, ia mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam upaya realisasi peralihan pasokan listrik PT MEP ke PLN tersebut. “Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, akhirnya kerja keras selama ini berbuah manis demi warga Muba.” ungkap dia.

Sementara itu, General Manager PT PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan Jambi dan Bengkulu, Toni Wahyu Wibowo sangat mengapresiasi perjuangan Pj Bupati Muba Apriyadi Mahmud bersama semua pihak yang terlibat untuk memfasilitasi warga Muba.

“Semoga kesepakatan ini bisa jadi landasan yang kuat, dan ini akan menjadi awal untuk tanggung jawab yang lebih besar lagi.” ucapnya.

Sebanyak ratusan ribu warga yang akan menikmati pasokan listrik dari PLN atas perjuangan Pj Bupati Apriyadi Mahmud langsung sujud syukur. Hal ini tampak dari Kepala Desa Pangkalan Tungkal Kecamatan Tungkal Jaya, Dedi Irawan. Ia mengaku, kabar ini akan membuat warga Desa Pangkalan Tungkal sangat senang.

“Terima kasih pak Bupati Apriyadi Mahmud atas perjuangannya untuk memfasilitasi kami mendapatkan pasokan listrik yang baik.” ucapnya.

Ia mengaku, realisasi ini membuktikan sosok seorang Pemimpin di Muba yang sangat amanah dan mengedepankan kebutuhan mendesak warga.

“Alhamdulillah tahun 2024 nanti kami tidak lagi khawatir mendapatkan pasokan listrik yang kerap byarpet. Semoga pembangunan jaringan listrik PLN berjalan lancar.” tandasnya. (Red)

Oyong Hairudin for DPRD Kota Palembang 2024
Laporan : Muhammad Eka Sahputra
Editor : Humas Pemkab Muba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *