Pj Bupati Apriyadi membuka kegiatan Pertemuan Teknis Penyuluh Pertanian se Kabupaten Muba di Gedung Dharmawanita Sekayu, pada hari Rabu tanggal 22 November 2023.(Foto:red)
Pj Bupati Apriyadi membuka kegiatan Pertemuan Teknis Penyuluh Pertanian se Kabupaten Muba di Gedung Dharmawanita Sekayu, pada hari Rabu tanggal 22 November 2023.(Foto:red)

Pj Bupati Apriyadi Bikin Gembira Penyuluh Pertanian se Kabupaten Muba

Wartadesaku.id — Penjabat Bupati Musi Banyuasin Drs. H. Apriyadi, M.Si., meminta kepada seluruh penyuluh pertanian di Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan yang tersebar di 15 kecamatan untuk tetap semangat mendampingi para petani sehingga produktivitas sektor pertanian di Kabupaten Muba terus meningkat, walaupun ditengah kondisi cuaca yang tidak menentu.

Demikian disampaikan Pj Bupati Apriyadi saat membuka kegiatan Pertemuan Teknis Penyuluh Pertanian se Kabupaten Muba di Gedung Dharmawanita Sekayu, pada hari Rabu tanggal 22 November 2023.

“Terbukti walaupun ditahun 2023 kita dilanda perubahan cuaca atas fenomena El Nino, tapi produktivitas padi kita justru meningkat sebesar 3,73 persen dari tahun sebelumnya berdasarkan data yang kita peroleh dari Dinas TPHP. Ini tak luput dari perjuangan penyuluh pertanian dalam membantu petani-petani kita.” ujarnya.

Baca Juga :  Peduli Lansia, Pemkab Muba Siapkan Ratusan Paket Sembako

Sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada para penyuluh pertanian dalam kesempatan itu Pj Bupati Muba mengintruksikan kepada Dinas TPHP Muba untuk menambah Biaya Operasional Penyuluh (BOP) sebesar satu juta di tahun 2024 mendatang, yang sebelumnya hanya Rp.500 ribu.

“Semoga para penyuluh pertanian lebih semangat lagi mendampingi para petani, mengingat potensi pertanian kita yang tersebar di beberapa kecamatan seperti Kecamatan Lalan dan Sanga Desa cukup menjanjikan.” harapnya.

Disamping itu lanjutnya, kedepan Pemerintah Kabupaten Muba akan membantu melindungi harga gabah dengan skema menyerap hasil produksi petani.

Baca Juga :  Meriahkan HUT Muba ke 67, PWI Gelar Open Turnamen Gaple

“Beras petani yang ada di Muba ini kita beli, dan kita dorong ke ASN.” tandas Pj Bupati Muba.

Sementara itu Kepala Dinas TPHP Muba Thamrin menyampaikan bahwa kegiatan pertemuan teknis penyuluh pertanian tersebut diikuti 251 orang peserta yang ada di 15 kecamatan dalam Kabupaten Muba, dengan rincian 87 orang ASn, 15 orang koordinator penyuluh, 121 orang non ASN, dan pendamping peningkatan ekonomi pertanian (PPEP) 28 orang.

“Pertemuan teknis ini berlangsung dua hari yakni 22-23 November. Bertujuan sebagai salah satu upaya untuk membangun persamaan persepsi, meningkatkan koordinasi, integrasi, dan sinergitas antar organisasi perangkat daerah teknis terkait, khususnya di Kabupaten Muba.” pungkasnya. (Red)

Oyong Hairudin for DPRD Kota Palembang 2024
Laporan :
Editor :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *