Pj. Bupati Musi Banyuasin, H. Apriyadi, berdialog dengan petani di Desa Epil, Kecamatan Lais, pada hari Kamis tanggal 14 September 2022. (foto : Musinews.id/Oyong)
Pj. Bupati Musi Banyuasin, H. Apriyadi, berdialog dengan petani di Desa Epil, Kecamatan Lais, pada hari Kamis tanggal 14 September 2022. (foto : Musinews.id/Oyong)

Pj. Bupati Muba Instruksikan Dinas PTPH Berikan Solusi Warga Desa Epil

WartaDesaku.id — Kondisi puluhan hektar sawah masyarakat yang tiap tahun terkena banjir menjadi perhatian serius Pj Bupati Muba Drs Apriyadi MSi. Apriyadi berkeinginan agar kondisi tersebut diberikan solusi agar tidak membuat petani khususnya di Desa Epil Kecamatan Lais merugi.

Pantauan di lokasi persawahan milik petani Desa Epil, Kamis (14 September 2022) siang tampak Pj Bupati Apriyadi mendengarkan langsung keluhan petani.

“Harus segera dicarikan solusi, nanti akan kita pastikan irigasi persawahan kondisinya baik agar banjir ini tidak menjadi momok bagi petani di Muba terutama di Desa Epil,” ujar Apriyadi.

Mantan Kabag Kesra Pemkab Muba ini menyebutkan lahan cetak sawah di Bumi Serasan Sekate sangat menunjukan progress positif dari tahun ke tahun, tentu keluhan para petani harus dicarikan solusi agar hasil padi lebih maksimal.

Baca Juga :  Lokakarya 7 Program PGP Kabupaten Muba Digelar Dengan Meriah 

Lanjutnya, hal ini terlihat dari keberhasilan pada 2017-2018 meningkatkan produksi padi di Muba sebesar 27.16 persen, dengan produksi di tahun 2017 sebesar 388.081 ton meningkat 2018 menjadi 493.467 ton.

Kepala Dinas PTPH Muba, Ir Thamrin MSi mencatat luas lahan sawah di Muba tercatat ada seluas 41.704 hektar.

“Sesuai arahan pak Bupati Apriyadi untuk menginventarisir lahan sawah masyarakat yang terkena banjir dan salah satunya di Desa Epil ini, dan kami akan berkoordinasi lintas sektoral untuk segera memberikan solusi.” tandasnya. (*)

Oyong Hairudin for DPRD Kota Palembang 2024

Disclaimer : Semua publikasi yang diterbitkan di media ini, merupakan tanggung jawab penanggung jawab redaksi (Pemimpin Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *