H. Apriyadi memimpin Rapat Forum Satu Data Tingkat Kabupaten Musi Banyuasin Tahun 2022, yang diikuti Perangkat Daerah, dan Camat dalam Kabupaten Muba, di Ruang Rapat Serasan Sekate Setda Muba, pada hari Rabu tanggal 14 Desember 2022. (foto:put)
H. Apriyadi memimpin Rapat Forum Satu Data Tingkat Kabupaten Musi Banyuasin Tahun 2022, yang diikuti Perangkat Daerah, dan Camat dalam Kabupaten Muba, di Ruang Rapat Serasan Sekate Setda Muba, pada hari Rabu tanggal 14 Desember 2022. (foto:put)

Pj Bupati Muba : Perencanaan Pembangunan Harus Berbasis Data Valid

Wartadesaku.id — Penjabat Bupati Musi Banyuasin, Drs. H. Apriyad,i M.Si., menghimbau kepada seluruh perangkat daerah Kabupaten Muba untuk mengedepankan data yang benar dan bisa dipertanggungjawabkan dalam perencanaan program kegiatan.

Hal ini disampaikan H. Apriyadi saat memimpin Rapat Forum Satu Data Tingkat Kabupaten Musi Banyuasin Tahun 2022, yang diikuti Perangkat Daerah, dan Camat dalam Kabupaten Muba, di Ruang Rapat Serasan Sekate Setda Muba, pada hari Rabu tanggal 14 Desember 2022. Menurutnya, dengan membangun berbasiskan data hasil pembangunan bisa ditingkatkan dan bermanfaat, sehingga pertumbuhan ekonomi di Muba sendiri akan lebih cepat. “Kalau mau membangun tepat guna dan tepat sasaran itu harus berbasiskan data.” ujarnya.

Lanjutnya, di Muba sudah mulai Menuju manajemen tata kelola data yang baik dengan adanya Portal Satu Data Muba yang terintegrasi dengan Portal Satu Data Indonesia. Disamping itu Badan Pusat Statistik tahun 2022 ini tengah menyelenggarakan Regsosek, diharapkan data dihasilkan adalah data yang benar. “Sekali lagi saya minta semua perencanaan kita kedepan, baik belanja infrastruktur maupun yang lainnya harus berbasiskan data.” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama Plt Kepala Bappeda Muba, Sunaryo S.S.T.P, M.M., selaku Ketua Forum Satu Data Muba menggunakan Satu Data Indonesia berdasarkan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, adalah kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagi pakaikan antar instansi pusat dan daerah, melalui pemenuhan standar data, meta data, interoperabilitas data, dan menggunakan kode referensi dan data induk. “Target kita ditahun 2023 mendatang, bersama seluruh instansi pemerintah daerah mengumpulkan Satu Data Kabupaten Muba, kemudian Dinkominfo Muba sebagai Walidata dapat mengakomodir pengumpulan data dari setiap instansi, dan tugas BPS sebagai Pembina Data memeriksa kewajaran konsisten isian data.” kata Sunaryo.

Baca Juga :  Tiga Pesan Penting Gubernur Sumsel Kepada Pj. Bupati Muba, Termasuk Tentang Listrik

Dalam kegiatan ini dilaksanakan juga penyerahan Penghargaan Dalam Penyelenggaraan Unit JIGD Muba 2022, dan Piagam Penghargaan Tata Kelola Statistik. Untuk Penghargaan Dalam Penyelenggaraan Unit JIGD Muba 2022, terbaik pertama Dinas Perikanan Muba, kedua Disdikbud Muba, kemudian Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Muba, terbaik empat Dinas Perkebunan dan terbaik lima Dinas Ketahanan Pangan Muba. Sementara untuk Tata Kelola Satatistik, terbaik pertama Dinas Kesehatan Muba, RSUD Sekayu, dan Disdukcapil Muba. (put)

Oyong Hairudin for DPRD Kota Palembang 2024

Disclaimer : Semua publikasi yang diterbitkan di media ini, merupakan tanggung jawab penanggung jawab redaksi (Pemimpin Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *