Himbauan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kepada masyarakat untuk melakukan Vaksin Booster
Danrem 044/Garuda Dempo bersama Wakil Bupati Kabupaten Banyuasin, H. Slamet Somosentono, saat penutupan Program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 144 tahun 2022 di Lapangan SD Negeri 36 Desa Sungai Naik Kecamatan Rantau Bayur. (foto : SMSI Sumsel)
Danrem 044/Garuda Dempo bersama Wakil Bupati Kabupaten Banyuasin, H. Slamet Somosentono, saat penutupan Program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 144 tahun 2022 di Lapangan SD Negeri 36 Desa Sungai Naik Kecamatan Rantau Bayur. (foto : SMSI Sumsel)

Program TMMD Di Banyuasin Resmi Ditutup, Ini Beberapa Kegiatan Yang Telah Dilakukan

WartaDesaku.id — Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 114 yang dilaksanakan di Kabupaten Banyuasin, resmi ditutup oleh Komandan Korem (Danrem) 044/Garuda Dempo, Brigjen M. Naudi Nurdika, S.I.P., M.Si., M.Tr. (Han), pada hari Rabu tanggal 24 Agustus 2022 di Lapangan SD Negeri 36 Desa Sungai Naik Kecamatan Rantau Bayur.

Dalam kesempatan tersebut, Danrem menyampaikan bahwa Program TMMD sudah dimulai sekitar tahun 1980. Setelah 42 tahun program tersebut berjalan, manfaatnya semakin dirasakan oleh masyarakat, mengingat sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan.

“Penutupan ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, tentunya mempunyai tujuan untuk membantu pemerintah daerah dalam membangun desa dan mempermudah akses untuk desa. Kegiatan TMMD ini sangat banyak, mulai dari kegiatan fisik hingga non fisik, yang terselenggara dengan kerja sama antara anggota TMMD dengan masyarakat di Desa Sungai Naik.” ungkapnya.

Adapun pekerjaan fisik yang telah dilakukan yakni pembangunan dan perbaikan infrastruktur. Diantaranya yakni pembuatan badan jalan sepanjang 6.500 meter dengan lebar 6 meter. Pembuatan dua titik jembatan berukuran 9×3 meter, pemasangan tiga titik gorong-gorong, dan pemasangan satu titik plat deuker. Tambahan lainnya yakni pembuatan lima unit MCK, pembuatan satu titik penampungan air dan sumur bor, serta pengecatan dinding mushollah.

Baca Juga :  Brace Habibi Jusuf, Sriwijaya FC Petik Kemenangan Kedua

“Melalui kegiatan penutupan TMMD ini, diharapkan dapat dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan semangat gotong royong serta kemanunggalan antara TNI dan Rakyat dalam mengakselerasi program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.” tutur Danrem 044/Garuda Dempo, Brigjen M. Naudi Nurdika, S.I.P., M.Si., M.Tr.

Sementara itu, Wakil Bupati Kabupaten Banyuasin yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, menyampaikan bahwa Program TMMD dapat terselenggara dengan baik dan sukses karena dukungan dan kerja sama dari semua unsur yang terlibat, seperti TNI, Polri, Pemerintah Daerah, dan Masyarakat. Tentunya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin sangat menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi karena program TMMD sangat luar biasa manfaatnya bagi daerah yang terisolir.

“Dengan kegiatan yang sudah dilaksanakan selama satu bulan yang lalu, TMDD dirasakan manfaatnya sangat baik terhadap masyarakat. Dengan jalan yang sudah dibuka, tentunya telah menguntungkan masyarakat. Setelah kegiatan ini, Banyuasin telah menyiapkan untuk Manunggal Bakti di Kecamatan Tunggal Ilir di tahun 2023 nanti dan juga berterima kasih kepada Pangdam II Sriwijaya, Korem, Danndim, Kasdim, beserta jajarannya.” ucap H. Slamet Somosentono, Wabup Banyuasin. (smsi/ohs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.