Perwakilan PT. Bukit Asam Tbk foto bersama peserta lomba ramadhan yang digelar di Gedung Serba Guna (GSG) Tanah Putih, Tanjung Enim, hari Kamis tanggal 30 Maret 2023. (foto : Humas PT. Bukit Asam)
Perwakilan PT. Bukit Asam Tbk foto bersama peserta lomba ramadhan yang digelar di Gedung Serba Guna (GSG) Tanah Putih, Tanjung Enim, hari Kamis tanggal 30 Maret 2023. (foto : Humas PT. Bukit Asam)

Semarakkan Syiar Islam, PTBA Gelar Lomba Marawis

WartaDesaku.id — Dalam rangka menyemarakkan syiar Islam di bulan Ramadhan 1444 H, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menggelar berbagai perlombaan, salah satunya Lomba Marawis. Lomba Marawis yang diikuti oleh 15 tim dari Kecamatan Muara Enim dan Lawang Kidul ini, digelar di Gedung Serba Guna (GSG) Tanah Putih, Tanjung Enim, hari Kamis tanggal 30 Maret 2023.

Masing-masing tim terdiri dari 13 orang yang menampilkan Marawis, maksimal selama 10 menit. Penampilan tersebut dinilai oleh juri yang berasal dari Masjid Jami’ dan pondok pesantren di Lawang Kidul, yaitu Ustadz Robby, Ustadz Jumali, dan Ustadz Abdul.

Koordinator Bidang Lomba Ramadhan 1444 H PTBA, Weny Yuliastuti, mengatakan, Lomba Marawis ini digelar sebagai sarana untuk menyemarakkan syiar Islam yang relatif sudah jarang dilakukan.

“Bertepatan dengan bulan suci Ramadhan ini juga menjadi momentum syiar Islam, kita menggelar Lomba Ramadhan 1444 H untuk masyarakat umum dan internal PTBA.” katanya.

Baca Juga :  Meriahkan HUT SMSI dan PPNI, 130 Warga OKU Selatan Periksa Kesehatan Gratis

Weny Yuliastuti menjelaskan, Lomba Ramadhan untuk masyarakat umum yaitu Marawis, Hafalan Surah Pendek, dan Ceramah Agama. “Sedangkan untuk internal PTBA, kita mengadakan Lomba Tartil Qur’an.” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Ramadhan 1444 H PTBA, Mustafa Kamal, menyampaikan bahwa pihaknya sangat memberikan perhatian di bulan suci Ramadhan ini, baik untuk pegawai maupun lingkungan sekitar perusahaan.

“Alhamdulillah kita ada beberapa kegiatan perlombaan-perlombaan seperti Marawis, Hafalan Surah Pendek dan Adzan, ini kita lakukan secara berkelanjutan.” ujarnya.

Selain itu, PTBA melaksanakan Safari Ramadhan di malam hari dengan menyiapkan ustadz di masjid, musala, maupun langgar. “Dengan harapan di masjid, musala, dan langgar yang ada melaksanakan ibadah salat tarawih bisa menikmati tausiah dari ustadz-ustadz tersebut.” imbuh Mustafa Kamal.

Dia menjelaskan, PTBA juga melaksanakan kegiatan sosial berupa pemberian bantuan kepada masjid, musala, dan langgar di sekitar perusahaan. Bantuan yang diberikan pun bervariasi, sesuai dengan kebutuhan setelah dilakukan survei terlebih dahulu. “Karena di antara masjid, langgar dan musala berbeda-beda kebutuhannya, ada yang butuh sound system, perbaikan kamar mandi dan sebagainya.” jelasnya.

Baca Juga :  Respon Cepat Banjir Bandang di Desa Keban Agung, Rumah Zakat Salurkan Superqurban dan PMT

Mustafa berharap dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan ini, keberadaan PTBA dapat bermanfaat bagi lingkungan sekitar perusahaan. “Bahkan, kami ingin menjadikan Bukit Asam Rahmatan lil’alamin pada kesempatan ini,” tegasnya.

Adapun pemenang Lomba Marawis Ramadhan 1444 H PTBA sebagai berikut:

Juara 1 Kelompok Marawis Al Mujahidin Nurul Falah Karang Asam;
Juara 2 Kelompok Marawis A’Nissa BTN Mandala;
Juara 3 Kelompok Marawis Az-Zahra Tanjung Enim;
Juara 4 Kelompok Marawis Annisa Atafunisa BTN Air Paku;
Juara 5 Kelompok Marawis Baitul Maqdis Tanjung Enim;
Juara 6 Kelompok Marawis Al-Ihsan Tegal Rejo.

Para pemenang masing-masing diberikan uang pembinaan, sertifikat, dan plakat. Dengan harapan ke depannya Kelompok Marawis tersebut dapat terus semangat dan giat berlatih. (ap)

Oyong Hairudin for DPRD Kota Palembang 2024
Laporan :
Editor :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *