Himbauan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kepada masyarakat untuk melakukan Vaksin Booster
Pj. Bupati Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Drs. H. Apriyadi, M.Si., mendatangi langsung desa Jembatan Gantung dan desa Tebing Bulan yang terendam banjir dan pemerintahkan pihak terkait untuk melakukan normalisasi sungai. (foto : frd)
Pj. Bupati Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Drs. H. Apriyadi, M.Si., mendatangi langsung desa Jembatan Gantung dan desa Tebing Bulan yang terendam banjir dan pemerintahkan pihak terkait untuk melakukan normalisasi sungai. (foto : frd)

Sungai Keruh Meluap dan Puluhan Rumah Terendam, Pj. Bupati Muba Datangi dan Berikan Bantuan serta Solusi

WartaDesaku.id — Curah hujan yang tingg sejak satu minggu ini, membuat puluhan rumah warga di Desa Jembatan Gantung, Kecamatan Jirak Jaya, dan Desa Tebing Bulan, Kecamatan Sungai Keruh, terendam banjir. Hari Kamis tanggal 20 Oktober 2022, Pj. Bupati Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Drs. H. Apriyadi, M.Si., mendatangi langsung daerah banjir itu, guna memastikan kondisi warganya.

Pantauan di lokasi, Mantan Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) itu, turun langsung ke area banjir yang merendam puluhan rumah warga dengan ketinggian mencapai pinggang orang dewasa. H. Apriyadi juga terlihat membawa puluhan paket bantuan sembako untuk warganya yang terendam banjir.

“Kita siapkan solusinya agar banjir ini tidak terus menerus terjadi setiap tahun. Tadi sudah dibicarakan bersama Camat dan Kepala Desa untuk kita lakukan normalisasi sungai.” ujar H. Apriyadi.

Lanjutnya, normalisasi akan dilakukan dengan catatan warga sekitar memberikan dukungan. “Ya, jangan nanti pas kita mau lakukan normalisasi, malah mau minta ganti rugi. Ini kan demi kepentingan warga, jangan malah dimanfaatkan dengan hal yang tidak benar.” tegasnya.

Sementara itu, Camat Jirak Jaya mengakui bahwa ada sebanyak 40 rumah terendam akibat banjir di Desa Jembatan Gantung. “Ini sudah memasuki hari ketiga, sudah mulai surut. Hanya ada sekitar sepuluh rumah lagi yang terendam.” kata Yudi Suhendra, Camat Jirak Jaya.

Baca Juga :  Presiden Instruksikan Mendagri Ubah Stempel Kepala Desa Gunakan Burung Garuda

Dia menambahkan, bantuan dan upaya evakuasi juga mendapatkan dukungan maksimal dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muba melalui Dinas Sosial dan BPBD. “Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Kami warga Jirak Jaya, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Muba yang sangat cepat dalam merespon dan mengirimkan bantuan serta evakuasi kepada warga yang terdampak banjir.” tegasnya.

Senada dengan Camat Jirak Jaya, Camat Sungai Keruh menyampaikan bahwa ada beberapa rumah warga yang terendam di Desa Tebing Bulang. “Saat ini, air sudah berangsur mulai surut. Terima kasih kami ucapkan kepada Bapak Apriyadi, yang sudah hadir langsung memberikan semangat dan bantuan ke warga.” ucap Eddy Herianto, Camat Sungai Keruh.

Irian, warga terdampak banjir, menyampaikan bahwa meskipun rumahnya terendam banjir, namun barang-barang alat rumah tangga, tetap bisa diselamatkan. “Alhamdulillah, Bapak Bupati hari ini datang langsung ke desa kami dan memberikan bantuan. Kami berharap air ini segera surut dan ke depan, solusi untuk mencegah banjir di desa kami segera terealisasi.” harapnya. (frd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *