Himbauan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kepada masyarakat untuk melakukan Vaksin Booster
Petugas sedang melakukan pengecoran jalan di Kelurahan Talang Jambe. (foto : SMSI Sumsel)
Petugas sedang melakukan pengecoran jalan di Kelurahan Talang Jambe. (foto : SMSI Sumsel)

Talang Jambe Semakin Berkembang, Semua Pengecoran Jalan Hasil Usulan Musrenbang

WartaDesaku.id — Membangun dari pinggiran. Konsep pembangunan tersebut dapat dibuktikan dari pesatnya kemajuan suatu kawasan hasil pengembangan wilayah perkotaan. Salah satu sentra permukiman baru sebagai upaya pengembangan kota misalnya Kelurahan Talang Jambe, Kecamatan Sukarami, Kota Palembang.

Di kelurahan ini, banyak sekali dilakukan pembangunan infrastruktur, khususnya pembuatan dan pemeliharaan jalan. Semua pekerjaan itu, termasuk pengecoran jalan di kawasan tersebut, merupakan hasil usulan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) melalui kelurahan. Hal itu diungkap Lurah Talang Jambe, Asrahudin, S.E., M.Si.

Asrahudin membenarkan pembangunan dan perbaikan jalan di wilayahnya semua hasil musrenbang kelurahan. Meski demikian, kata Asrahuddin, pihak kelurahan belum menerima data belasan titik jalan yang dibangun tahun ini dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Palembang. “Untuk pengecoran jalan di Kelurahan Talang Jambe, alhamdulillah semua hasil usulan Musrenbang.” ungkapnya pada hari Sabtuu tanggal 20 Agustus 2022.

Dia berharap, Kelurahan Talang Jambe menjadi salah satu sentra permukiman baru sebagai upaya pengembangan Kota Palembang. Karena itu, pihaknya tetap membutuhkan dukungan semua pemangku kepentingan, baik ekskutif maupun legislatif dalam menyampaikan aspirasi masyarakat.

“Semoga ini dapat membuat Kelurahan Talang Jambe menjadi semakin pesat berkembang sebagai sentra permukiman yang baru. Dengan dukungan penuh pembangunan infrastruktur dari Pemerintah Kota Palembang, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, serta wakil rakyat yang menjadi tempat kami menyampaikan aspirasi.” harapnya.

Pantauan di salah satu wilayah kelurahan tersebut, keceriaan terpancar dari raut muka warga RT. 11 RW. 03 Kelurahan Talang Jambe, Kecamatan Sukarami, Kota Palembang. Pasalnya, mereka dapat menikmati pembangunan jalan hasil usulan Musrenbang. Warga tentu merasakan kehadiran pemerintah saat Hari Kemerdekaan tahun ini. Momen tersebut dirayakan warga dengan menggelar berbagai kegiatan perlombaan dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 di atas jalan yang baru selesai dibangun.

Baca Juga :  Tingkatkan Daya Saing Pelaku UMKM di Desa Binaan, Rumah Zakat Suntik Bantuan Modal BUMMas

Susanto, Ketua RT. 11 RW. 03 Kelurahan Talang Jambe mengatakan, selama ini lokasi tersebut hanya memiliki jalan tanah. Belum dicor beton apalagi diaspal. Karena itu, hampir tidak pernah ada kegiatan. Setelah jalan selesai dibangun, baru akan mulai diramaikan dengan berbagai aktivitas masyarakat.

“Selama ini, kegiatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia kami peringati dengan berbagai macam dan segala jenis kegiatan. Kebetulan ada momen jalan cor ini selesai dibangun. Walaupun baru selesai, jalan ini sudah bisa dilewati. Karena itu, puncak kegiatan tujuh belasan diselenggarakan di jalan baru ini. Jalan Kaveling yang tembus ke Musala Al Kautsar.” ungkapnya.

Menurut Susanto, jalan sepanjang 107 meter dengan lebar 3,5 meter ini dibangun hasil usulan musrenbang melalui Pemerintah Kelurahan Talang Jambe. Untuk itu, dirinya mewakili warga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah atas pembangunan jalan ini.”Alhamdulillah. Kami selalu mendukung program pemerintah. Kami sangat merespons pembangunan jalan ini. Terima kasih kepada pemerintah. Mulai dari kelurahan, kecamatan sampai Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Pekerjaan Umum yang telah melakukan pembangunan jalan ini.” imbuhnya.

Ditambahkannya, ada tiga item yang diusulkan saat musrenbang. Pertama, pembangunan jalan. Kedua, lampu penerangan jalan. Ketiga, parit atau saluran pembuangan air. “Alhamdulillah, tahun ini hanya pembangunan jalan yang menjadi prioritas.” tutupnya. (smsi/ohs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.