Himbauan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kepada masyarakat untuk melakukan Vaksin Booster
Tim Debat Bahasa Inggris Universitas Bina Darma. (foto : Universitas Bina Darma)
Tim Debat Bahasa Inggris Universitas Bina Darma. (foto : Universitas Bina Darma)

Tim Debat Bahasa Inggris Universitas Bina Darma Melaju ke Tingkat Nasional

WartaDesaku.id — Sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Universitas Bina Darma (UBD) sangat berkomitmen untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia yang unggul, sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat. Keseriusan dalam mewujudkan komitmen tersebut, menjadikan UBD sebagai kampus yang mampu mendapatkan berbagai prestasi, baik di sisi akademik atau non akademik.

Kali ini, giliran tim debat UBD yang mempersembahkan prestasi membanggakan bagi kampus yang memiliki tagline Bertekad Maju untuk Tetap Unggul itu. Setelah berhasil menyingkirkan mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Sumatera Selatan, Bengkulu, Bangka Belitung, dan Lampung, tim debat UBD berhak maju ke tingkat nasional pada kegiatan National University Debating Championship (NUDC) yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

NUDC merupakan kompetisi debat dengan tujuan untuk pengembangan kompetensi mahasiswa di era global. Kegiatan yang dimulai sejak tahun 2008 ini, menuntut pemahaman terhadap isu-isu terkini, kemampuan mengelolah informasi, kemampuan berkomunikasi secara efektif dengan bahasa Inggris dan kemampuan berargumentasi. Sehingga diharapkan mahasiswaw dan mahasiswi dapat meningkatkan kepercayaan diri, mengembangkan jejaring antar perguruan tinggi, memupuk rasa kesatuan dan kebanggaant erhadap kebinekaan bangsa dan budaya, serta dapat membuat keputusan berdasarkan analisis yang rasional dan dapat berinteraksi dengan masyarakat internasional.

Baca Juga :  Sriwijaya FC Tidak Pandang Remeh Semen Padang

Tim Debat UBD yang berhasil lolos NUDC tahun 2022 ini setelah berada di rangking 2 tingkat daerah, menurunkan tim andalannya yakni Zara Zetira dan Tyani Alrizki dari Program Studi Sastra Inggris serta Ahmad Dzulfaqqor Faishol dari Program Studi Sistem Informasi. “Alhamdulillah, kita masih bisa terus mempertahankan tradisi lolos ke tingkat nasional.” ujar Dewi Purnama Sari, pembina tim debat Bahasa Inggris UBD.

Atas prestasi yang sudah didapatkan sampai saat ini, Rektor UBD, Sunda Ariana, melalui Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerja Sama, menyampaikan rasa bangga dan apresiasi serta mendorong untuk terus berlatih agar dapat meraih prestasi yang lebih baik lagi.

“Universitas Bina Darma turut bangga dan memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada tim debat. Terima kasih karena sudah terus berjuang, berlatih, berkompetisi, dan membawa harum nama kampus. Maju terus, sesuai dengan tagline kampus yakni BERMUTU, Bertekad Maju untuk Tetap Unggul.” kata Hendri Zainuddin, Wakil Rektor UBD Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerja Sama. (ohs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.