Ketua DPRD Sumsel, Hj. Anita Noeringhati, menyaksikan pelayanan pendataan bagi warga Kabupaten Banyuasin yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di UPT Sembilang OPI Mall, hari Rabu tanggal 3 Mei 2023. (foto : wartadesaku.id/raam)
Ketua DPRD Sumsel, Hj. Anita Noeringhati, menyaksikan pelayanan pendataan bagi warga Kabupaten Banyuasin yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di UPT Sembilang OPI Mall, hari Rabu tanggal 3 Mei 2023. (foto : wartadesaku.id/raam)

Urus KTP di UPT Sembilang, Bisa Jadi dalam Sehari

WartaDesaku.id — Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Hj. Anita Noeringhati, mengapresiasi Pelayanan Pendataan Penduduk di Kabupaten Banyuasin. Apresiasi itu diberikan oleh dirinya saat melakukan pengawasan secara langsung mengenai kegiatan di Pusat Pelayanan Terpadu Sembing di OPI Mall, hari Rabu tanggal 3 Mei 2023.

“Saya sengaja mengecek langsung terhadap pelayanan Disdukcapil Kabupaten Banyuasin yang saya dengar sangat istimewa dari kabupaten lainnya. Saya bisa melihat bapak dan ibu mengantri karena pelayanan disini gratis dan tidak ada pungutan.” ungkap Hj. Anita Noeringhati.

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPRD Sumsel itu mengaku bersyukur atas kebijakan yang sudah dibuat oleh kepala daerah. Dirinya berharap, kebijakan yang berpihak kepada masyarakat seperti ini, bisa ditiru oleh kepala daerah di kabupaten dan kota yang lainnya. “Yang membuat saya lebih bangga lagi, UPT Sembilang ini buka pelayanan kepada masyarakat setiap hari, dari hari Senin hingga Minggu.” jelasnya.

Baca Juga :  DPRD Sumsel Gelar Rapat Paripurna dengan Agenda Penjelasan Rancangan Perda Provinsi Sumsel

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Banyuasin, Saukani, memberikan apresiasi kepada Ketua DPRD Sumsel yang telah meluangkan waktu untuk melihat pelayanan pendataan kependudukan di UPT Sembilang.

“UPT Sembilang bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat yang ingin mengurus pendataan Lahir, Mati, dan Pindah Data dalam waktu satu hari.” kata Saukani.

Dirinya menambahkan, UPT Sembilang sudah beroperasi sejak bulan November tahun 2019 untuk memudahkan masyarakat Kabupaten Banyuasin yang ingin mengurus pendataan. “Disdukcapil bisa mencetak Kartu Tanda Penduduk sebanyak 500 dalam sehari.” tegasnya. (raam)

Adapun bagi masyarakat yang ingin mengurus dokumen kependudukan dapat memilih pelayanan melalui:

Baca Juga :  Ikuti STQH ke 27 Provinsi Sumsel, Pj Bupati Apriyadi optimis Kafilah Muba Raih Prestasi Terbaik

– Kantor Disdukcapil di Pangkalan Balai
– Kantor UPTD Disdukcapil di setiap kecamatan.
– Kantor UPT Sembilang (OPI Mall lantai 2), buka setiap hari, termasuk hari libur nasional.
– Jemput bola ke desa/kelurahan atas permohonan camat, kades, lurah.
– Layanan online WA No. 081278385656, dapat mencetak sendiri dokumen dari rumah.
– Layanan melalui bidan, bagi yang melahirkan di bidan (Bidan berperan Ganda)
– Dukcapil ketok pintu, bagi yang tidak mampu mengurus sendiri, dokumennya akan diantar kerumah-rumah. Hubungi UPTD masing-masing.
– Pelayanan melalui Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM)
– Untuk pelayanan yang sangat mendesak sekali atau keperluan berobat, silahkan langsung hubungi Kadis Dukcapil melalui via WA No. 081271476043 (pelayanan khusus dan super cepat).

Oyong Hairudin for DPRD Kota Palembang 2024
Laporan :
Editor : Aprizal Sikumbang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *