Wamendes PDTT Republik Indonesia, Budi Arie Setiadi. (foto : Tribunnews.com)
Wamendes PDTT Republik Indonesia, Budi Arie Setiadi. (foto : Tribunnews.com)

Wamendes PDTT Ajak Bangun Desa Dengan Data

WartaDesaku.id — Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Republik Indonesia, Budi Arie Setiadi, mengatakan bahwa saat ini kegiatan membangun desa tidak bisa hanya berdasarkan feeling atau perasaan semata.

Menurut Wamendes PDTT, membangun desa harus menggunakan data, sehingga semua aspek dapat terukur secara detail. “Karena membangun desa ini, harus terukur, tidak bisa rasa-rasa perasaan kita, enggak bisa, ini harus terukur.” kata Budi Arie Setiadi di Pendopo Bupati Kabupaten Banyuwangi, hari Kamis tanggal 31 Maret 2022, seperti dikutip dari Tribunnews.com.

Dia pun meminta desa-desa, khususnya 198 desa di Kabupaten Banyuwangi untuk segera menuju ke era digitalisasi atau ekosistem digital. Salah satu hal yang harus dimiliki oleh setiap desa untuk menuju desa digital adalah website desa. Dengan adanya website desa, akan mampu membantu banyak hal, termasuk dari perencanaan pembangunan dan pendataan.

Baca Juga :  Kabar Gembira, Pendamping Desa Bakal Jadi PPPK

“Misalnya data demografi penduduk, jumlah laki-laki dan perempuan, potensi desa, dan lain-lain. Itu nanti buat perencanaan, sangat membantu sekali. Jadi merumuskan kebijakan-kebijakan di Banyuwangi jelas, karena angkanya jelas.” ungkapnya.

Menurut Budi Arie Setiadi, dengan data, akan dapat menjelaskan secara detail desa yang masih memiliki status sangat tertinggal, sampai desa berstatus mandiri. Sehingga desa yang memiliki status sangat tertinggal tersebut menjadi didampingi untuk kemudian menjadi desa tertinggal, kemudian desa tertinggal menjadi desa berkembang, dan seterusnya sampai seluruh desa menjadi mandiri.

“Jadi kalau semua desanya maju, mandiri, pasti otomatis Kabupaten Banyuwangi juga maju, karena desanya maju.” ucapnya. (wdk01)

Oyong Hairudin for DPRD Kota Palembang 2024

Disclaimer : Semua publikasi yang diterbitkan di media ini, merupakan tanggung jawab penanggung jawab redaksi (Pemimpin Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *